DEWI MUKAROMAH, 126201212151 and IMAM JUNARIS, 196902052003121005 (2025) IMPLEMENTASI PROGRAM SKUA (STANDAR KECAKAPAN UBUDIYAH DAN AKHLAKUL KARIMAH) DALAM MENGINTERNALISASIKAN NILAI-NILAI AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MAN 1 MADIUN TAHUN PELAJARAN 2025. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (658kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (375kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (263kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (287kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (392kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (116kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi ini dengan judul “Implementasi Program SKUA (Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah) dalam Menginternalisasikan Nilai-Nilai Akhlakul Karimah Peserta Didik di MAN 1 Madiun” ini ditulis oleh Dewi Mukaromah, NIM. 126201212151, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulunggung yang dibimbing oleh Bapak Dr. H. Imam Junaris, S.Ag., M.H.I Kata Kunci: Implementasi, SKUA (Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah), Akhlakul Karimah Degradasi moral menjadi tantangan serius di era modern, ditandai dengan menurunnya nilai-nilai etika, kejujuran, dan kedisiplinan dalam kehidupan sosial. Akhlakul karimah berperan penting sebagai benteng dalam mencegah kemerosotan moral, terutama di kalangan generasi muda. Sekolah memiliki peran strategis dalam membina akhlakul karimah di pendidikan formal, salah satu program yang diadakan sekolah untuk mengatasi hal ini adalah melalui program SKUA (Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah). Program ini bertujuan membentuk karakter Islami dengan menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses, implikasi, serta evaluasi dari pelaksanaan program SKUA dalam menginternalisasi akhlakul karimah peserta didik di MAN 1 Madiun. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses internalisasi nilai-nilai akhlakul karimah melalui program SKUA (Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah) di MAN 1 Madiun ?. 2) Bagaimana implikasi internalisasi nilai-nilai akhlakul karimah melalui program SKUA (Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah) di MAN 1 Madiun ?. 3) Bagaimana evaluasi internalisasi nilai-nilai akhlakul karimah melalui program SKUA (Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah) di MAN 1 Madiun ?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif . Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan teknik kredibilitas meliputi triangulasi sumber, perpanjangan pengamatan dan ketekunan pengamatan. Hasil dari penelitian ini meliputi: 1) Proses implementasi program SKUA dalam internalisasi akhlakul karimah pada peserta didik di MAN 1 Madiun, menunjukkan bawah program SKUA berlangsung setiap seminggu sekali dengan durasi waktu 45 menit, di dampingi oleh guru yang sudah di tugaskan membimbing program SKUA. Materi meliputi Al-Qur’an, Akidah Akhlak, Fikih, Do’a Do’a, Asmaul Husna. Program ini dilaksanakan sebagai syarat kenaikan kelas dan kelulusan. 2) Implikasi dari program SKUA dapat dilihat dari aspek spiritual dan keagamaan, perilaku dan karakter, akademik dan non-akademik. Seperti patuh beribadah, disiplin, jujur, sopan. Salah satu faktor penghambat pelaksanaannya adalah perbedaan latar belakang keluarga, peserta didik mengalami kesulitan dalam materi menghafal. 3) evaluasi dari program ini dilakukan setiap akhir semester bersama kepala sekolah, waka, dan guru. Evaluasi di lakukan untuk menilai keaktifan dan perubahan sikap peserta didik. Evaluasi bertujuan mencari solusi atas kendala dalam pelaksanaan program.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201212151 DEWI MUKAROMAH |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 02:52 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 02:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61796 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |