ANJI ARDZINI HAYATI A'LA, 126204213206 and NANI SUNARMI, 199103222019032017 (2025) EFEKTIVITAS PENGEMBANGAN MEDIA BOOKLET PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL BERORIENTASI DIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS VII DI SMPN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER 2.pdf Download (552kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (262kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (276kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (644kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (373kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (224kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi terbatasnya media pembelajaran yang mampu membantu karakteristik, sesuai dengan kemampuan kognitif, dan kebutuhan peserta didik, agar pembelajaran lebih efektif dan meingkatkan hasil belajar. Media booklet dirancang dengan konsep yang mudah dan tampilan yang menarik untuk menyesuaikan penyajian materi. Dengan demikian, peserta didik dapat lebih mudah memahami materi karena pendekatan yang digunakan relevan dengan kemampuan kognitif mereka.. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk Mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan booklet berdiferensiasi pada materi aritmatika sosial, (2) untuk mendeskripsikan kelayakan penggunaan booklet berdiferensiasi pada materi perbandingan, (3) untuk mengetahui keefektifan booklet beorientasi diferensiasi pada materi perbandingan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII SMPN 3 Tulungagung. Jenis penelitian dan pengembangan ini mengacu pada ADDIE. Populasi penelitian ini kelas VII di SMPN 3 Tulungagung dengan sampel 42 peserta didik dari kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen dan VII-4 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data terdiri atas lembar validasi ahli materi dan validasi ahli media. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahaw (1) Langkah pengembangan media booklet berorientasi diferensiasi pada materi aritmatika sosial tahapan pertama dengan analisis, kedua tahap desain, ketiga tahap pengembangan, tahap keempat evaluasi, dan tahap kelima evaluasi. (2) Kevalidan media pembelajaran diperoleh dari angket ahli materi yang memperoleh persentase sebesar 95% dan ahli media memperoleh persentase sebesar 97,1%, dapat disimpulkan media pembelajaran dinyatakan valid. Kepraktisan media pembelajaran didapatkan dari angket respon peserta didik dan guru dengan memperoleh persentase 90% dan 94%, dapat disimpulkan media pembelajaran dinyatakan praktis. (3) keefektifan media pembelajaran diperoleh dari hasil posttest kelas kontrol dengan persentase ketuntasan rata-rata 73,8% dan kelas eksperimen persentase ketuntasan rata-rata 88,09%. Berdasarkan hasil uji mann whitney, diperoleh hasil sig (2-tield) sebesar 000 < 0,005. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan anata kelas kontrol dan eksperimen. Selanjutnya berdasarkan uji effect sizw cohen’s diperoleh nilai cohen’s sebesar 0,7 dengan kategori medium.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204213206 ANJI ARDZINI HAYATI A'LA |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 03:56 |
Last Modified: | 10 Sep 2025 03:56 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61856 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |