MUJI MUJAYANTI, 12201193391 and ANNAS RIBAB SIBILANA, 199210182023211026 (2023) PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MAN 3 KEDIRI. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (650kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (134kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (10kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (139kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (951kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Guru Aqidah Akhlak Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Man 3 Kediri” ini ditulis oleh Muji Mujayanti, Pendidikan Agama Islam (PAI), NIM. 1220119 3391, Tahun 2023, dibimbing oleh Annas Ribab Sibilana, M.Pd.I Kata kunci : Guru aqidah akhlak, motivasi, giat belajar peran guru terutama guru aqidah akhlak sebagai motivator dalam meningkatkan giat belajar siswa sangat penting untuk mendorong peserta didik melakukan suatu hal yang baik sehingga terbentuk karakter baik siswa dengan mengutamakan memberikan motivasi atau nasehat nasehat yang membangkitkan giat belajar dan pada saat akhirnya siswa mendapatkan hasil dari tujuan belajarnya yakni akhlak yang baik dan luasnya ilmu pengetahuan. Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana peran guru aqidah akhlak sebagai motivator dalam meningkatkan motivasi giat belajar siswa MAN 3 Kediri?, 2) Bagaiamana peran guru aqidah akhlak sebagai pendidik dalam meningkatkan motivasi giat belajar siswa MAN 3 Kediri ?, 3) Bagaimana peran guru aqidah akhlak sebagai evaluator dalam meningkatkan motivasi giat belajar siswa MAN 3 Kediri ?, Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru aqidah akhlak sebagai pendidik,motivator dan evaluator dalam meningkatkan motivasi giat belajar siswa MAN 3 Kediri. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang menggunakan jenis studi kasus. Lokasi penelitian terletak di MAN 3 Kediri. Data yang peneliti dapatkan dari guru waka kesiswaan, guru aqidah akhlak dan peserta didik, Metode yang digunakan adalah observasi,wawancara dan dokumentasi. analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dan pengechekan keabsahan data dilakukan dengan cara triangualsi Berdasarkan analisis data penelitian menemukan yaitu : 1) peran guru aqidah akhlak sebagai motivator dalam meningkatkan motivasi giat belajar siswa MAN 3 Kediri yakni dengan cara memberikan nasehat tentang pentingnya ilmu pengetahuan untuk masa depan peserta didik tersebut, serta memberikan dorongan atau semangat kepada peserta didik untuk melakukan hal positif yang ingin dicapai 2) peran guru aqidah akhlak sebagai pendidik dalam meningkatkan motivasi giat belajar siswa MAN 3 Kediri yaitu mengajarkan tentang ilmu akhlak kepada peserta didik dengan memberikan materi dan mencontohkan saat didalam kelas menghormati dan mendengarkan apa yang disampakan guru, saat diluar kelas dibiasakan untuk senyum, salam, sapa, sopan, dan santun 3) peran guru aqidah akhlak sebagai evaluator dalam meningkatkan motivasi giat belajar siswa MAN 3 Kediri adalah terus menerus mengkoreksi hasil belajar yang dicapai oleh siswa dari waktu ke waktu seperti halnya melaksanakan perilaku baik tanpa menunggu perintah atau peraturan dan mendapatkan hasil tujuan belajarnya dengan baik
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201193391 MUJI MUJAYANTI |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 02:06 |
Last Modified: | 10 Sep 2025 02:06 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61865 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |