SHABRINA RODZANATUN A’ISYAH, 126206211021 and DIAN MUSTIKAWATI, 1989051420151334 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA APTUNG (APRON HITUNG) DALAM MENSTIMULASI KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA ROUDLOTUL ULUM JABALSARI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (927kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (266kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (250kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (447kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (777kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Aptung (Apron Hitung) dalam Menstimulasi Kecerdasan Logika Matematika Pada Anak Usia 4-5 Tahun di RA Roudlotul Ulum Jabalsari Tulungagung” ini ditulis oleh Shabrina Rodzanatun A’isyah, NIM 126206211021, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini , Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Kata Kunci: Aptung (Apron Hitung), Kecerdasan Logika Matematika, Anak Usia 4-5 Tahun Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya media pembelajaran dalam proses belajar dan menambah keaktifan anak. Kecerdasan logika matematika merupakan jenis kecerdasan yang sering digunakan sehari-hari, karena melibatkan kemampuan dalam memecahkan masalah secara logis dan menemukan atau menciptakan suatau masalah. Penelitian ini merujuk pada pengenalan angka, bentuk geometri dan warna. Media Aptung (Apron Hitung) sebagai sarana pembelajaran yang efektif dalam menstimulasi kecerdasan logika matematika pada anak usia 4-5 tahun. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengembangkan media Aptung (Apron Hitung) dalam menstimulasi kecerdasan logika matematika pada anak usia 4-5 tahun di RA Roudlotul Ulum Jabalsari Tulungagung, (2) untuk mengetahui kelayakan media Aptung (Apron Hitung) dalam menstimulasi kecerdasan logika matematika pada anak usia 4-5 tahun di RA Roudlotul Ulum Jabalsari Tulungagung, (3) untuk mengetahui keefektifan media Aptung (Apron Hitung) dalam menstimulasi kecerdasan logika matematika pada anak usia 4-5 tahun di RA Roudlotul Ulum Jabalsari Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development dengan model penelitian ADDIE meliputi: analyze, design, develop, implement, evaluate. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mencakup data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini dapat diuraikan sebagai berikut: (1) Pengembangan media Aptung (Apron Hitung) dibuat sesuai kebutuhan dan memperhatikan materi kecerdasan logika matematika pada anak usia 4-5 tahun. (2) Kelayakan media Aptung (Apron Hitung) untuk ahli media memiliki hasil 97% termasuk kategori sangat valid, sedangkan ahli materi memiliki hasil 98% termasuk dalam kategori sangat valid. (3) keefektifitas media Aptung (Apron Hitung) dilakukan dengan uji coba kelompok kecil dan kelompok besar, hasil dari uji coba kelompok kecil mendapatkan presentase 72,43% dengan kategori cukup efektif, sedangkan uji coba kelompok besar mendapatkan presentase 76,67% dengan kategori efektif. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa media Aptung (Apron Hitung) dapat digunakan dalam menstimulasi kecerdasan logik matematika pada anak usia 4-5 tahun.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Anak |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 126206211021 SHABRINA RODZANATUN A'ISYAH |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 06:48 |
Last Modified: | 10 Sep 2025 06:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61867 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |