MOHAMAD FAJAR MASRUQUL MUBAROK, 12201173179 (2022) STRATEGI GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA AL-QURAN DI MTSN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (128kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (46kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (173kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (97kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (39kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (52kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian dengan judul “Strategi Guru Al-Qur’an Hadits dalam Meningkatkan Minat Baca Al-Qur’an di MTsN 2 Tulungagung” ini ditulis oleh Mohamad Fajar Masruqul Mubarok, NIM. 12201173179, dosen pembimbing Dr. Nuryani M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi, Guru Al-Qur’an Hadits, Minat Baca Al-Qur’an Al-Quran merupakan kitab suci yang diturunkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala melalui malaikat Jilbril dan disampaikan kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam yang penuh dengan hikmah, pengetahuan dan kemukjizatan sehingga apabila dibaca dan diamalkan isi kandungan yang terdapat di dalam al-Quran, akan mempengaruhi dan bisa menggugah orang untuk mempelajarinya dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari, serta menjadi amal ibadah yang tinggi nilainya, bahkan tidak akan bosan orang membaca dan mendengarkannya. Adapun menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan strategi guru al-qur’an hadits dalam meningkatkan minat baca Al-Qur’an di MTsN 2 Tulungagung. (2) untuk mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan strategi guru al-qur’an hadits dalam meningkatkan minat baca Al-Qur’an di MTsN 2 Tulungagung. (3) untuk mendeskripsikan hambatan guru al-qur’an hadits dalam meningkatkan minat baca Al-Qur’an di MTsN 2 Tulungagung. (4) untuk mendeskripsikan solusi untuk mengatasi hambatan guru al-qur’an hadits dalam meningkatkan minat baca AlQur’an di MTsN 2 Tulungagung. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, lokasi penelitiannya di MTsN 2 Tulungagung, sumber datanya di dapat melalui tiga unsur yaitu person, place dan paper, metode pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. ganalisis datanya menggunakan teknik analisis non statistik atau analisis deskriptif kualitatif, sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan triangulasi, pembahasan teman sejawat, dan perpanjangan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi guru al-qur’an hadits dalam meningkatkan minat baca Al-Qur’an di MTsN 2 Tulungagung, adalah dengan pembuatan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), menyiapkan Program Tahfidzul Qur’an, pembiasaan Membaca Al-Qur’an, dan meminta Anak untuk menghafal. (2) Kelebihan dan kekurangan strategi guru al-qur’an hadits dalam meningkatkan minat baca Al-Qur’an di MTsN 2 Tulungagung Kelebihan: strategi yang didukung oleh perangkat pembelajaran yang sederhana, sarana prasarana yang menunjang minat membaca alqur’an anak-anak, strateginya lebih tertata secara sistematis, dan anak-anak terbiasa membaca al-qur’an. Kekurangan: Ada beberapa siswa tidak mengikuti program dengan baik, dengan berpedoman RPP juga pasti ada siswa yang ketinggalan dalam melaksanakan program tersebut, dan adanya siswa yang tidak ikut membaca karena merasa bacaannya kurang atau belum menguasai tajwid dengan baik. (3) Hambatan guru al-qur’an hadits dalam meningkatkan minat baca Al-Qur’an di MTsN 2 Tulungagung, diantaranya adalah siswa yang memiliki latar belakang yang berbeda dan siswa yang bacaannya kurang baik sesuai kaidah tajwid. Sehingga timbul rasa kurangnya minat siswa dalam membaca al-qur’an. (4) Solusi untuk mengatasi hambatan guru al-qur’an hadits dalam meningkatkan minat baca AlQur’an di MTsN 2 Tulungagung, yakni: dengan meningkatkan program Tahfidzul Qur’an, kegiatan one day one ayat yakni menghafalkan satu ayat dalam sehari, tahap penilaian /evaluasi untuk mengukur keberhasilan strategi, dan mengadakan penilaian pada RPP.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama > Al Quran Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201173179 MOHAMAD FAJAR MASRUQUL MUBAROK |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 03:33 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 03:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61868 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |