PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI PLSV TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII MTs SUNAN KALIJOGO

ANGGRAINI OCTZA WIJAYA, 126204213196 and SUTOPO, 197805092008011012 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI PLSV TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII MTs SUNAN KALIJOGO. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (905kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (359kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Wijaya, Anggraini Octza. 2025. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi PLSV Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII MTs Sunan Kalijogo”, Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Pemahaman Konsep Matematis, PLSV Mayoritas guru dalam proses pembelajaran masih mengajar dengan menggunakan media pembelajaran secara konvensional dalam mengajar matematika. Sehingga jika hal ini digunakan secara terus menerus akan menyebabkan proses pembelajaran menjadi membosankan dan tidak menarik. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang mampu mendorong siswa untuk berinteraksi langsung dengan materi serta merangsang siswa untuk memahami pembelajaran matematika. Media Pembelajaran Interaktif dapat dijadikan sebagai pendekatan siswa yang relevan, karena dapat mendorong siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif pada materi PLSV terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VII MTs Sunan Kalijogo. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif pada materi PLSV terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VII MTs Sunan Kalijogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperiment dengan desain the non-equivalent posttest-only control group. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep matematis. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Sunan Kalijogo yang berjumlah 450 siswa dengan sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen sebanyak 34 siswa dan kelas VII B sebagai kelas kontrol sebanyak 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data yang digunakan yaitu uji t (independent sample t-test) dan uji cohen’s effect size untuk menghitung seberapa besar pengaruh yang diberikan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif pada materi PLSV terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VII MTs Sunan Kalijogo. Terbukti dengan nilai signifikan 0,000<0,05. (2) Besar pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif pada materi PLSV terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VII MTs Sunan Kalijogo sebesar 1,25 atau dalam persentase (%) 89 sehingga termasuk dalam kategori tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aljabar
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204213196 ANGGRAINI OCTZA WIJAYA
Date Deposited: 11 Sep 2025 06:31
Last Modified: 11 Sep 2025 06:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61904

Actions (login required)

View Item View Item