DIANA MAR'ATUS SHOLIHA, 126206202033 and DIKA PUTRI RAHAYU, 2022129101 (2024) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN RASA PERCAYA DIRI MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK A DI TK ABA LAMONGAN. [ Skripsi ]
This is the latest version of this item.
![]() |
Text
COVER,.pdf Download (362kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (300kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (283kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (377kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (469kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (987kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (358kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (221kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Terdapat berbagai cara yang perlu dipertimbangkan oleh guru untuk menerapkan pendekatan yang dapat menumbuhkan rasa percaya diri anak, salah satunya melalui pembelajaran yang mendukung pengembangan potensi mereka. Salah satu pendekatan yang relevan adalah kegiatan bercerita. Penerapan metode ini memungkinkan anak untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran, serta membiasakan mereka untuk lebih terbuka dalam mengekspresikan perasaan, baik suka maupun tidak suka, terhadap berbagai pengalaman yang mereka hadapi. Selain itu, kegiatan ini juga mendorong anak untuk berani tampil di depan kelas Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendiskripsikan perencanaan strategi guru dalam menanamkan rasa percaya diri melalui metode bercerita pada anak usia dini serta Untuk mendiskripsikan pelaksanaan strategi guru dalam menanamkan rasa percaya diri melalui metode bercerita pada anak usia dini dan untuk mendiskripsikan evaluasi startegi guru dalam menanamkan rasa percaya diri melelalui meetode bercerita pada anak usia dini kelompok A di TK Aba Bustanul Athfal Lamongan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bercerita efektif dalam meningkatkan rasa percaya diri anak-anak usia dini. Guru memanfaatkan cerita cerita yang relevan dengan kehidupan anak dan menggunakan alat bantu seperti gambar dan media visual untuk menarik perhatian anak. Selain itu, lingkungan kelas yang mendukung, apresiasi terhadap usaha anak, serta keterlibatan aktif dalam proses bercerita berkontribusi pada peningkatan keterampilan komunikasi dan interaksi sosial anak. Kesimpulan Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru dalam menanamkan rasa percaya diri pada anak usia dini di TK Aba Bustanul Athfal Lamongan melalui metode bercerita sangat efektif. Metode bercerita berperan penting dalam mengembangkan aspek kognitif, sosial, dan emosional anak. Anak anak yang mengikuti kegiatan ini cenderung lebih berani berpartisipasi, mengajukan pertanyaan, serta mengekspresikan diri secara mandiri. Dengan menggunakan cerita yang relevan dan alat peraga kreatif, guru dapat menciptakan suasana belajar yang interaktif dan menyenangkan. Selain itu, kegiatan ini membantu anak mengembangkan keterampilan berbahasa dan pemahaman terhadap nilai-nilai moral.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 126206202033 DIANA MARATUS SHOLIHA |
Date Deposited: | 12 Sep 2025 04:04 |
Last Modified: | 12 Sep 2025 04:04 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61961 |
Available Versions of this Item
-
STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN RASA PERCAYA
DIRI MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK USIA
DINI KELOMPOK A DI TK ABA LAMONGAN. (deposited UNSPECIFIED)
- STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN RASA PERCAYA DIRI MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK A DI TK ABA LAMONGAN. (deposited 12 Sep 2025 04:04) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |