UPAYA GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN KESADARAN BERIBADAH SISWA DI MTSN 1 BLITAR

RAKYAN DANU SYAHANDRA, 126201212206 and MUHAMMAD RIDHO, 197405111998031001 (2025) UPAYA GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN KESADARAN BERIBADAH SISWA DI MTSN 1 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (493kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (382kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (756kB)

Abstract

Syahandra, Rakyan Danu, 2025. Upaya Guru Fiqih dalam Meningkatkan Kesadaran Beribadah Siswa di MTsN 1 Blitar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Muhammad Ridho, M.A. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena siswa yang tidak mengikuti kegiatan sholat jumat, tetapi mereka malah menongkrong di tempat penitipan sepedah motor, fenomena yang kedua yaitu, ketika sholat jumat berlansung, ada beberapa anak yang tidak mengikuti kegiatan dengan sungguh sungguh tetapi bergurau dengan teman sebelahnya dari fenomena inilah peneliti tertarik untuk meneliti tentang kesadaran beribadah siswa di MTsN 1 Blitar . Fokus Penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan upaya guru fiqih dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa di MTs1N 1 Blitar?, (2) Bagaimana Pelaksanaan upaya guru fiqih dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa di MTsN 1 Blitar?, (3) Bagaimana Evaluasi upaya guru fiqih dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa di MTsN 1 Blitar?. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa dan bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang di laklukan oleh guru Fiqih dalam upaya untuk meningkatkan kesadaran beribadah siswa di MTsN 1 Blitar Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Karena peneliti ingin mengetahui secara mendalam apa dan bagaimana upaya yang di lakukan oleh guru fiqih untuk meningkatkan kesadaran beribadah siswa di MTsN 1 Blitar, Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam upaya meningkatkan kesadaran beribadah siswa, Guru Fiqih menggunakan 3 strategi utama yaitu, (1) Perencanaan, Guru Fiqih menyusun jadwal kegiatan ibadah secara tersruktur dan rutin, melibatkan semua guru untuk mendukung kegiatan ibadah berlangsung. (2) Pelaksanaan, pelaksanaan kegiatan ibadah di awasi langsung oleh guru fiqih dan juga guru pendamping, Guru Fiqih tidak hanya mengawasi tetapi juga menjadi teladan utama dengan memberikan contoh langsung kepada siswa dengan mengikuti kegiatan ibadah yang berlangsung. (3) Evaluasi, evaluasi kegiatan ibadah dilakukan secara berkala, ketika ada siswa yang tidak mengikuti kegiatan ibadah dengan aktif maka akan mendapat teguran atau bahkan sanksi edukatif yang bertujuan untuk mendidik siswa menjadi yang lebih baik, Untuk mengetahui apakah stategi ini berhasil dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa, Guru Fiqih melakukan monitoring perubahan sikap dan perilaku siswa sehari hari. Kata Kunci: Guru Fiqih, Kesadaran Beribadah, Pendidikan Agama Islam, MTsN 1 Blitar, Strategi Pembelajaran Keagamaan

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201212206 RAKYAN DANU SYAHANDRA
Date Deposited: 18 Sep 2025 02:26
Last Modified: 18 Sep 2025 02:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62032

Actions (login required)

View Item View Item