SOFATUL USMA, 126206212065 and AHMAD MUSHLIH, 1994049222022031002 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA KOPINSA (KOTAK PINTAR BAHASA) UNTUK MESTIMULASI KEAKSARAAN AWAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AL KHODIJAH SERUT. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER..pdf Download (824kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (449kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (273kB) |
![]() |
Text
BAB I .pdf Download (370kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (588kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (542kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan Media KOPINSA (Kotak Pintar Bahasa) untuk Menstimulasi Keaksaraan Awal Anak Usia 4-5 Tahun di TK Al Khodijah Serut” ini ditulis oleh Sofatul Usma, NIM. 126206212065. Program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Ahmad Mushlih, M.Pd. Kata kunci: KOPINSA (Kotak Pintar Bahasa), Keaksaraan, Anak Usia 4-5 Tahun Bahasa merupakan salah satu aspek perkembangan pada anak yang perlu distimulasi khusus. Hal tersebut dikarenakan bahasa berfungsi sebagai alat komunikasi. Perkembangan kemampuan keaksaraan merupakan salah satu hal yang sangat perlu diperhatikan karena kemampuan keaksaraan merupakan kemampuan dasar anak dalam membaca dan menulis. Berdasarkan situasi ini, peneliti mengembangkan sebuah media, yaitu KOPINSA (Kotak Pintar Bahasa) untuk menstimulasi keaksaraan awal anak usia 4-5 tahun. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pengembangan media KOPINSA (Kotak Pintar Bahasa) untuk menstimulasi keaksaraan awal anak usia 4-5 tahun di TK Al Khodijah Serut. (2) Mendeskripsikan kelayakan media media KOPINSA (Kotak Pintar Bahasa) untuk menstimulasi keaksaraan awal anak usia 4-5 tahun di TK Al Khodijah Serut. (3) Mendeskripsikan kefektifitasan media KOPINSA (Kotak Pintar Bahasa) untuk menstimulasi keaksaraan awal anak usia 4-5 tahun di TK Al Khodijah Serut. Jenis penelitian yang digunakan yaitu RnD (Research and Development). Pada penelitian dan pegembanagan ini, peneliti menggunakan model penelitian Borg and Gall yang didalamnya menggunakan 7 tahapan, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan informasi atau data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk dan produk final. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Hasil penelitian ini dapat diuraikan sebagai berikut, (1) Pengembangan media KOPINSA (Kotak Pintar Bahasa) untuk menstimulasi keaksaraan awal anak usia 4-5 tahun di TK Al Khodijah Serut menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang didalamnya menggunakan 7 tahapan saja. (2) Kelayakan media KOPINSA (Kotak Pintar Bahasa) untuk menstimulasi keaksaraan awal anak usia 4-5 tahun di TK Al Khodijah Serut dibuktikan dengan hasil validasi ahli media memperoleh skor 92,5% dan ahli materi memperoleh skor 81,25% dengan kategori layak. Serta dibuktikan dengan keefektifitasan media berdasarkan uji kelompok kecil dan kelompok besar yang menyatakan adanya perbedaan antara pretest dan posttest dengan adanya peningkatan kemampuan keaksaraan anak. Hasil nilai pretest dan posttest 0,01 < 0,05. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perbedaan yang signifikan pada perbedaan perlakuan yang diberikan yaitu sebelum menggunakan dan setelah menggunakan KOPINSA (Kotak Pintar Bahasa).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > PAUD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 126206212065 SOFATUL USMA |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 03:11 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 03:11 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62068 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |