RISMA AMILIA FIRMANSYAH, 126205212123 and BINTI MAUNAH, 196509031998032001 (2025) PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN ETIKA DAN MORAL PESERTA DIDIK DI MI MUJAHIDIN KEPUNG PARE KEDIRI. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (684kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (180kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (273kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (498kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (176kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk sumber daya manusia yang tidak hanya cerdas, tetapi juga berkarakter baik. Guru berperan sentral sebagai pengajar sekaligus teladan dalam menanamkan nilai-niai etika dan moral kepada peserta didik. Keberhasilan pendidikan sangat dipengaruhi oleh bagaimana guru membimbing dan menjadi contoh teladan dalam sikap maupun perilaku sehari-hari. Etika dan moral menjadi fondasi penting dalam pembentukan karakter peserta didik, agar mereka dapat berperilaku sesuai norma yang berlaku. Dengan peran guru, pendidikan diharapkan mampu mencetak generasi yang tidak unggul secara kademik tetapi juga berperilaku santun dan bermoral. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menganalisis peran guru sebagai fasilitator dalam menumbuhkan etika dan moral peserta didik di MI Mujahidin Kepung Pare Kediri. 2) Menganalisis peran guru sebagai motivator dalam menumbuhkan etika dan moral peserta didik di MI Mujahidin Kepung Pare Kediri 3) Menganalisis peran guru sebagai evaluator dalam menumbuhkan etika dan moral peserta didik di MI Mujahidin Kepung Pare Kediri. Penelitian ini menggunakan pedekatan kualitatif, dengan jeni penelitian deskriptif. teknik pengumpulan data melalui observasi pastisipan, wawancara mendalam, serta dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data melalui uji kredibilitas, uji dependibilitas, dan uji obyektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran guru sebagai fasilitator di Madrasah Ibtidaiyah Mujahidin Kepung Pare Kediri sudah tertata sedemikian rupa dengan tujuan agar peran guru sebagai fasilitator dapat berfungsi secara maksimal. Serta didukung adanya sebuah kurikulum yang telah memuat berbagai kebutuhan guru dalam menggunakan peran ini. 2) Peran guru sebagai motivator khususnya dalam hal etika dan moral tentu memiliki sebuah hambatan yang salah satunya adalah beberapa siswa yang melakukan kesalahan. Motivasi yang diberikan guru di Madrasah Ibtidaiyah Mujahidin sering berbentuk cerita inspiratif tentang tokoh-tokh hebat, baik didalam kelas maupaun diluar kelas. Dengan memaksimalkan fasilitas madrasah yang ada guru dapat menggunakan peran ini. 3) Peran guru sebagai evaluator adalah guru yang berperan untuk mengumpulkan data atau informasi tentang keberhasilan pembelajaran yang telah di lakukan. Di Madrasah Ibtidaiyah Mujahidin Kepung Pare Kediri belum memiliki sistem tertulis atau buku khusus untuk mememantau perilaku peserta didik, guru tetap berupaya melakukan pemantauan dengan cara menjalin komunikasi dengan orang tua melalui grup whatsapp maupun dengan rapat wali murid. Serta adanya agenda- agenda yang dilakukan oleh sekolah ataupun guru sendiri yag menjadikan guru dapat menjalankan peran ini
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan > Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205212123 RISMA AMILIA FIRMANSYAH |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 02:51 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 02:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62082 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |