SITI SALIMAH, 126310212046 and NURUL SETYAWATI HANDAYANI, 2013099201 (2025) STRATEGI PUSTAKAWAN DALAM PENGEMBANGAN LAYANAN PERPUSTAKAAN KELILING MASTRIP PARE UNTUK MENINGKATKAN LITERASI ANAK DI KABUPATEN KEDIRI. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (363kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (620kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (112kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (515kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (237kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pustakawan dalam Pengembangan Layanan Perpustakaan Keliling Mastrip Pare untuk Meningkatkan Literasi Anak di Kabupaten Kediri” ini ditulis oleh Siti Salimah, NIM. 126310212046, Program Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah dengan pembimbing/promotor Nurul Setyawati Handayani, M.A. Kata Kunci: : Layanan perpustakaan, literasi anak, perpustakaan keliling, strategi pustakawan Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi dan kendala pustakawan dalam mengembangkan layanan perpustakaan keliling untuk meningkatkan literasi anak di Kabupaten Kediri. Penelitian ini berawal dari rendahnya minat baca anak dan terbatasnya akses ke bahan bacaan, terutama di daerah yang jauh dari perpustakaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Analisis data dilakukan mengunakan teori Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pustakawan dalam mengembangkan layanan perpustakaan keliling mencakup 1) penyediaan bahan bacaan edukatif, 2) penyesuaian koleksi dengan perkembangan usia anak, 3) pelayanan yang menyenangkan, 4) penerapan storytelling, serta 5) pemanfaatan fasilitas pendukung. Terdapat berbagai kendala seperti 1) keterbatasan sarana dan prasarana, 2) keterbatasan tenaga pustakawan, 3) keterbatasan koleksi, 4) kurangnya pemanfaatan teknologi serta 5) minat baca yang rendah di beberapa sekolah. Kendala tersebut dapat diatasi dengan 1) penambahan sarana dan prasarana, 2) penguatan sumber daya manusia, 3) pengembangan koleksi buku, 4) optimalisasi penggunaan teknologi, serta 5) membangun budaya baca pada anak melalui berbagai program literasi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Perpustakaan Ilmu Perpustakaan > Layanan Perpustakaan Ilmu Perpustakaan > Perpustakaan Umum Ilmu Perpustakaan > Pustakawan |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam |
Depositing User: | 126310212046 SITI SALIMAH |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 06:32 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 06:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62182 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |