REPRESENTASI MATEMATIS SISWA BERDASARKAN GAYA KOGNITIF VISUALIZER DAN VERBALIZER DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 GONDANG TULUNGAGUNG

SITI MIR AHTUS SOFIYAH, 1880512230011 and SYAIFUL HADI, 197711032011011007 and UMY ZAHROH, 196907192000032002 (2025) REPRESENTASI MATEMATIS SISWA BERDASARKAN GAYA KOGNITIF VISUALIZER DAN VERBALIZER DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 GONDANG TULUNGAGUNG. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (846kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (228kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (795kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Representasi matematis adalah kemampuan penting dalam pembelajaran matematika yang mencakup representasi visual, simbolik, dan verbal terutama dalam konteks PISA. Gaya kognitif siswa berperan dalam menentukan kecenderungan mereka dalam mengolah dan menyampaikan informasi. Gaya Kognitif adalah cara siswa dalam memproses, memahami dan mengingat informasi yang memengaruhi cara siswa belajar dan berpikir. Gaya kognitif visualizer cenderung menggunakan gambar, diagram, dan visualisasi dalam memahami konsep, sedangkan gaya kognitif verbalizer lebih mengandalkan bahasa dan deskripsi verbal. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan representasi matematis siswa dengan gaya kognitif visualizer dalam menyelesaikan soal PISA kelas XI; (2) Untuk mendeskripsikan representasi matematis siswa dengan gaya kognitif verbalizer dalam menyelesaikan soal PISA kelas XI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah studi kasus. Lokasi penelitian ini di SMA Negeri 1 Gondang Tulungagung, Siswa yang mengikuti tes ada 39 siswa dan diambil 4 siswa untuk wawancara.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan wawancara. Tahap pertama memberikan angket kemudian memberikan tes tulis, dan diambil 4 siswa untuk melakukan wawancara. Analisis data yang dilakukan mulai dari reduksi data, pengumpulan data dan penarikan kesimpulan serta pengecekan keabsahan data dengan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa: (1) Siswa dengan gaya kognitif visualizer cenderung menggunakan representasi visual seperti gambar, diagram, grafik, dan tabel untuk memahami menyelesaikan masalah. Siswa visualizer lebih cepat dalam mengidentifikasi masalah yang dapat divisualisasikan dan menghubungkannya dengan konsep matematika, tetapi membutuhkan waktu lebih lama dalam memproses informasi visual. (2) Siswa dengan gaya kognitif verbalizer cenderung menggunakan representasi simbolik dan verbal seperti kata-kata penjelas, simbol matematika, dan menggunakan langkah-langkah secara sistematis.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Luring
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika
Depositing User: 1880512230011 SITI MIR AHTUS SOFIYAH
Date Deposited: 23 Sep 2025 04:24
Last Modified: 23 Sep 2025 04:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62238

Actions (login required)

View Item View Item