KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESESTA DIDIK DI MI HIDAYATUS SHIBYAN GRESIK

WIDYA RIFFATUS SHOLIHAH, 126205212146 and BINTI MAUNAH, 196509031998032001 (2025) KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESESTA DIDIK DI MI HIDAYATUS SHIBYAN GRESIK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (303kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (923kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah belum maksimalnya keterampilan pengelolaan kelas yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran. Hal ini terlihat dari adanya beberapa kelas dan pengaturan bangku serta penataan perlengkapan kelas yang belum tertata dengan baik. Kondisi tersebut menyebabkan suasana kelas menjadi kurang terorganisir sehingga menghambat kelancaran proses pembelajaran. Selain itu, keaktifan belajar peserta didik juga belum merata secara menyeluruh di kelas. Umumnya ditemukan adanya peserta didik yang tidak memberi respons dalam pembelajaran, takut bertanya, tidak berani mengemukakan pendapat, serta kurang minat dalam belajar. Rendahnya minat belajar pada peserta didik menyebabkan mereka kurang termotivasi untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, kondisi tersebut menyebabkan suasana kelas menjadi tidak kondusif dan mengganggu jalannya pelaksanaan pembelajaran. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pengelolaan iklim kelas dalam meningkatkan keaktifan belajar di MI Hidayatus Shibyan Gresik? 2) Bagaimana pengelolaan fisik kelas dalam meningkatkan keaktifan belajar di MI Hidayatus Shibyan Gresik? 3) Bagaimana pengelolaan peserta didik dalam meningkatkan keaktifan belajar di MI Hidayatus Shibyan Gresik?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menganalisis pengelolaan iklim kelas dalam meningkatkan keaktifan belajar di MI Hidayatus Shibyan Gresik. 2) Menganalisis pengelolaan fisik kelas dalam meningkatkan keaktifan belajar di MI Hidayatus Shibyan Gresik. 3) Menganalisis pengelolaan peserta didik dalam meningkatkan keaktifan belajar di MI Hidayatus Shibyan Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field Research). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data melalui uji kredibilitas, uji transferbilitas. uji dependabilitas, dan uji obyektivitas. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Keterampilan pengelolaan iklim kelas di MI Hidayatus Shibyan Gresik dilakukan dengan memberikan wewenang dan kebebasan kepada guru yang mengajar sesuai karakter dan kebutuhan peserta didik, sehingga dalam pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik. 2) Keterampilan pengelolaan fisik kelas di MI Hidayatus Shibyan Gresik mencakup empat aspek penting yaitu visiability, acsessbility, fleksibilitas, kenyamanan dan keindahan. Dalam kegiatan pembelajaran, guru dan peserta didik bersama-sama mengatur ruang kelas, tempat duduk, pencahayaan, ventilasi, serta memelihara fasilitas seperti papan tulis dan media pembelajaran. Selain itu, guru kelas IV juga bertanggung jawab penuh untuk mengawasi kebersihan dan keteraturan kelas selama pembelajaran berlangsung. 3) Keterampilan pengelolaan peserta didik di MI Hidayatus Shibyan Gresik dilakukan dengan memberikan kebebasan kepada setiap peserta didik untuk mendapatkan pelayanan pendidikan sesuai bakat, minat dan kemampuannya mulai dari masuk madrasah hingga lulus dari madrasah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205212146 WIDYA RIFFATUS SHOLIHAH
Date Deposited: 26 Sep 2025 06:25
Last Modified: 26 Sep 2025 06:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62247

Actions (login required)

View Item View Item