MUFLIQUL AZMI, 1880512220029 (2024) TEORI PEMROSESAN INFORMASI PADA PROSES BERPIKIR SISWA MA GLOBAL DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SISTEM PERTIDAKSAMAAN DUA VARIABEL (SPtDV). [ Thesis ]
This is the latest version of this item.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (826kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (257kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (376kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (471kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Tesis dengan judul “Teori Pemrosesan Informasi Pada Proses Berpikir Peserta Didik MA Global Dalam Menyelesaikan Masalah SPtDV” ini ditulis oleh Mufliqul Azmi, NIM 1880512220029 dengan pembimbing 1. Dr. Dewi Asmarani, M.Pd dan pembimbing 2. Dr. Ummu Sholihah, S.Pd.,M.Si Kata kunci : Proses Berpikir, SPtDV, Teori Pemrosesan Informasi, Pembelajaran Matematika Proses berpikir dapat diartikan sebagai suatu kegiatan yang berlangsung di dalam otak manusia dan merupakan bagian yang penting dalam pembelajaran, termasuk pembelajaran Sistem Pertidaksamaan Dua Variabel (SPtDV). Peserta didik perlu menyimpan informasi tentang persamaan linear dan kuadrat untuk mempelajari SPtDV sehingga terbentuk suatu skema yang dapat dipanggil apabila diperlukan. Informasi yang tersimpan dalam otak membentuk pola yang dapat digunakan untuk menginterpretasikan informasi baru. Berdasarkan wawancara dengan guru matematika di salah satu MA di Kabupaten Trenggalek, ditemukan bahwa banyak peserta didik yang kesulitan menyelesaikan masalah SPtDV. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana teori pemrosesan informasi berperan dalam proses berpikir peserta didik dalam menyelesaikan masalah SPtDV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian dilakukan di MA Global di Kabupaten Trenggalek pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Subjek penelitian terdiri dari empat peserta didik kelas XI yang telah mempelajari materi SPtDV. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri, dengan instrumen pendukung berupa lembar tes, pedoman wawancara, lembar validasi, dan alat perekam. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif melalui triangulasi hasil wawancara, tes, dan observasi untuk memastikan validitas temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua subjek melalui lima proses kognitif dalam teori pemrosesan informasi, yaitu atensi, persepsi, rehearsal, retrieval, dan encoding. Namun, tindakan yang dilakukan pada masing-masing proses tersebut berbeda antara subjek. Informasi yang diterima peserta didik melalui indra penglihatan dan pendengaran kemudian masuk ke sensory register, dilanjutkan dengan proses atensi untuk memilah informasi yang penting. Pada tahap persepsi, peserta didik membangun hubungan logis antara konsep dan fakta, lalu melakukan retrieval untuk mengambil konsep-konsep yang dibutuhkan dari memori jangka panjang. Hasil retrieval ini diterapkan dalam memori jangka pendek untuk menyelesaikan masalah. Tahap encoding terjadi saat peserta didik memeriksa kesahihan argumen dan menarik kesimpulan yang logis. Penelitian ini menemukan bahwa proses retrieval menjadi tahap yang paling sering mengalami kesalahan, yang disebabkan oleh kurangnya fokus dan kegagalan dalam memproses informasi dari memori jangka panjang. Oleh karena itu, disarankan agar guru mengaitkan materi ajar dengan materi prasyarat untuk membantu peserta didik dalam membangun persepsi yang lebih kuat. Selain itu, pihak sekolah diharapkan meningkatkan fasilitas pembelajaran, seperti menyediakan buku dan media pembelajaran yang mendukung penguasaan materi SPtDV. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam mengintegrasikan teori pemrosesan informasi ke dalam pembelajaran SPtDV dan dapat menjadi referensi bagi guru untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam topik ini
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan Matematika > Variabel |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika |
Depositing User: | 1880512220029 MUFLIQUL AZMI |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 03:26 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 03:26 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62270 |
Available Versions of this Item
-
TEORI PEMROSESAN INFORMASI PADA PROSES BERPIKIR SISWA MA GLOBAL DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SISTEM PERTIDAKSAMAAN DUA VARIABEL (SPtDV). (deposited UNSPECIFIED)
- TEORI PEMROSESAN INFORMASI PADA PROSES BERPIKIR SISWA MA GLOBAL DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SISTEM PERTIDAKSAMAAN DUA VARIABEL (SPtDV). (deposited 22 Sep 2025 03:26) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |