MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMAN 1 REJOTANGAN

MOH FAQIH ZULIANSYAH, 126207212074 and AHMAD FAHRUDIN, 198902102019031022 (2025) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMAN 1 REJOTANGAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (567kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (169kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (174kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMAN 1 Rejotangan”, ini ditulis oleh Moh Faqih Zuliansyah, NIM 126207212074, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing oleh Dr. Ahmad Fahrudin, M.Pd.I. Kata Kunci: Manajemen, Sarana dan Prasarana, Mutu Pembelajaran, Manajemen sarana dan prasarana pendidikan merupakan salah satu aspek krusial dalam mendukung tercapainya mutu pembelajaran yang optimal. Pengelolaan yang baik terhadap sarana dan prasarana tidak hanya memastikan ketersediaan fasilitas belajar, tetapi juga menjamin keberfungsian, keberlanjutan, serta kesesuaian penggunaannya dengan kebutuhan proses pembelajaran. Melalui manajemen yang sistematis dan terencana, setiap fasilitas yang dimiliki lembaga pendidikan dapat dipelihara secara berkelanjutan dan digunakan secara maksimal sesuai fungsinya. Penelitian ini bertujuan untuk (1). Untuk mengetahui bagaimana perencanaan sarana dan prasarana pendidikan untuk meningkatkan mutu pembelajaran, (2). Untuk mengetahui bagaimana pengorganisasian sarana dan prasarana pendidikan untuk meningkatkan mutu pembelajaran, (3). Untuk mengetahui bagaimana pengerahan sarana dan prasarana pendidikan untuk meningkatkan mutu pembelajaran, (4). Untuk mengetahui bagaimana pengawasan sarana dan prasarana pendidikan untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan interaktif Milles, Huberman, dan Saldana yaitu kondensi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Simpulan dari hasil analisis data ditemukan bahwa manajemen sarana dan prasarana pendidikan di SMAN 1 Rejotangan telah dilaksanakan secara sistematis dan menyeluruh melalui perencanaan, pengorganisasian, pengerahan, dan pengawasan yang efektif. Setiap tahapan manajemen dilakukan dengan melibatkan seluruh elemen sekolah serta berorientasi pada kebutuhan riil pembelajaran. Proses ini berkontribusi positif terhadap terciptanya lingkungan belajar yang kondusif dan peningkatan mutu pembelajaran secara signifikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 126207212074 MOH FAQIH ZULIANSYAH
Date Deposited: 23 Sep 2025 04:39
Last Modified: 23 Sep 2025 04:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62325

Actions (login required)

View Item View Item