NILAI PENDIDIKAN DALAM VIDEO YOUTUBE DZAWIN NUR "DISESATKAN SETAN KEDER GUNUNG ASEUPAN (LANGIT KELABU #8)" DENGAN PENDEKATAN SEMIOTIKA

SANDHY PUTRA FADHLULLAH, 126304212123 and AGUS WIDODO, 197808162023211006 (2025) NILAI PENDIDIKAN DALAM VIDEO YOUTUBE DZAWIN NUR "DISESATKAN SETAN KEDER GUNUNG ASEUPAN (LANGIT KELABU #8)" DENGAN PENDEKATAN SEMIOTIKA. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (212kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (325kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena maraknya penggunaan media sosial sebagai sumber hiburan sekaligus edukasi, khususnya melalui platform YouTube. Salah satu konten yang menarik perhatian adalah video Dzawin Nur berjudul "Disesatkan Setan Keder Gunung Aseupan (Langit Kelabu #8)", yang menggabungkan unsur humor, petualangan, dan narasi edukatif. Video tersebut memuat nilai-nilai pendidikan yang tersirat melalui simbol, narasi, dan visualisasi khas, sehingga relevan untuk dianalisis secara ilmiah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam video tersebut dengan menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes, yang mencakup analisis terhadap denotasi, konotasi, dan mitos dari setiap elemen visual dan verbal dalam video. Penelitian ini juga mendasarkan kerangka teoritisnya pada konsep nilai-nilai pendidikan menurut John Dewey, seperti nilai apresiatif, imajinatif, estetika, moral, sosial, dan integratif. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan teknik analisis semiotika. Data dikumpulkan melalui observasi naratif, dokumentasi visual, serta transkripsi narasi video. Analisis dilakukan terhadap potongan-potongan video yang dianggap merepresentasikan nilai-nilai pendidikan secara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video tersebut menyampaikan pesan pendidikan yang kuat, seperti pentingnya rasa hormat terhadap sesama pendaki (nilai sosial), pembentukan karakter melalui pengalaman langsung (nilai apresiatif), pemanfaatan imajinasi dalam memahami fenomena alam (nilai imajinatif), serta pesan moral terkait sikap hati-hati dan tanggung jawab dalam menjelajah alam. Dengan pendekatan naratif yang ringan namun bermakna, Dzawin Nur berhasil menjadikan media YouTube sebagai sarana pembelajaran yang kontekstual dan menyenangkan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan media pembelajaran berbasis digital, serta mendorong pemanfaatan platform YouTube sebagai alat untuk menyampaikan nilai-nilai pendidikan secara kreatif dan kritis. Kata Kunci: Semiotika, Nilai Pendidikan, YouTube, Dzawin Nur.

Item Type: Skripsi
Subjects: Komunikasi Islam
Pendidikan > Media Pembelajaran
Media Sosial
Pendidikan
Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: 126304212123 SANDHY PUTRA FADHLULLAH
Date Deposited: 22 Sep 2025 08:01
Last Modified: 22 Sep 2025 08:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62336

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item