MOH IHSAN KHOLID, 17208153001 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR DI KELAS VII PADA MATERI SISTEM GERAK TUBUH MANUSIA DI MTS ALHIDAYAH PRAMBONWETAN TUBAN. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (282kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (229kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (398kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (375kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (251kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Artikulasi Terhadap Minat dan Hasil Belajar di Kelas VII pada Materi Sistem Gerak Tubuh Manusia di Mts Alhidayah Prambonwetan Tuban,” ditulis oleh Moh. Ihsan Kholid, NIM.17208153001, Jurusan Tadris Biologi. Fakultas Terbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Adi Wijayanto, S.Or., S.Kom., M.Pd., AIFO Kata Kunci: Model Pembelajaran Artikulasi, Minat Belajar, Hasil Belajar. Latar belakang penelitian ini adalah model pembelajaran harus sesuai karakter peserta didik. dalam penelitian ini menggunakan model pembelajaran artikulasi dimana peserta didik ditugaskan untuk membentuk kelompok kecil yang kemudian melaksanakan diskusi dan diakhiri dengan bertukar pendapat. Melalui model pembelajaran artikulasi di harapkan mampu meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran artikulasi terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran biologi materi sistem gerak manusia kelas VIII MTs Al-hidayah Prambonwetan Tuban. (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran artikulasi terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi materi sistem gerak manusia kelas VIII MTs Alhidayah Prambonwetan Tuban. (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran artikulasi terhadap minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi materi sistem gerak manusia kelas VIII MTs Al-hidayah Prambonwetan Tuban. Metodeapenelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis eksperimen, desain pretest-postest control group design. Teknik pengamabilan sampel menggunakan Random Sampling. Total populasi yang digunakan pada kelas VIII yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan kuisioner. Teknik analisis data menggunakan uji linieritas dan uji hipotesis menggunakan uji parsial dan simultan. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Hipotesa yang pertama variabel Y1 berpengaruh terhadap variabel X, artinya ada pengaruh model pembelajaran artikulasi terhadap minat belajar peserta didik. 2) Hipotesa yang kedua variabel Y2 berpengaruh terhadap variabel X. Artinya ada pengaruh model pembelajaran artikulasi terhadap hasil belajar peserta didik 3) Hipotesis ketiga perbandingan pada uji signifikansi dapat dinyatakan terdapat hubungan yang signifikan. Maka variabel X berpengaruh terhadap Y artinya ada pengaruh model pembelajaran artikulasi terhadap minat dan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 17208153001 MOH. IHSAN KHOLID |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 02:11 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 02:11 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62339 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |