SILVIANA DEVI LESTARI, 126204211070 and MISWANTO, 198508272011011006 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII MTS ASWAJA TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (519kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (524kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (606kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (966kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (748kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (579kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi relasi dan fungsi kelas VIII MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Silviana Devi Lestari, NIM 126204211070, jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan Pembimbing Dr. Miswanto, M.Pd. Kata Kunci: Numbered Head Together (NHT), motivasi belajar, hasil belajar, relasi dan fungsi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembelajaran matematika dalam pendidikan. Namun, masih banyak siswa yang menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang sulit dan membosankan. Hal ini disebabkan karena dalam pembelajaran matematika guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional yang monoton. Sehingga siswa tidak tertarik mengikuti pembelajaran. Hal ini berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa yang menurun. Maka, peneliti menerapkan model NHT yang dapat mendorong siswa lebih aktif dalam pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran NHT terhadap motivasi belajar siswa pada materi relasi dan fungsi kelas VIII MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir Tulungagung. 2) mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar siswa pada materi relasi dan fungsi kelas VIII MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir Tulungagung. 3) mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran NHT terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi relasi dan fungsi kelas VIII MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII MTs Aswaja Tunggangri dengan teknik sampling yaitu purposive sampling. Sampel yang diambil adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data pada penelitian ini adalah angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas, serta uji hipotesis dengan uji t dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh model pembelajaran NHT terhadap motivasi belajar siswa pada materi relasi dan fungsi kelas VIII MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir Tulungagung dengan nilai signifikansi 0,015 < 0,05. 2) ada pengaruh model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar siswa pada materi relasi dan fungsi kelas VIII MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir Tulungagung dengan nilai signifikansi 0,018 < 0,05. 3) ada pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi relasi dan fungsi kelas VIII MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir Tulungagung dengan nilai signifikansi 0,022 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204211070 SILVIANA DEVI LESTARI |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 05:00 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 05:00 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62353 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |