IMPLEMENTASI BIMBINGAN KEAGAMAAN SEBAGAI UPAYA MENGATASI KENAKALAN PESERTA DIDIK DI MTSN 5 KEDIRI

RIZKI ARDIKA AKBAR, 126201213273 and LAILATUZZ ZUHRIYAH, 198605282014032002 (2025) IMPLEMENTASI BIMBINGAN KEAGAMAAN SEBAGAI UPAYA MENGATASI KENAKALAN PESERTA DIDIK DI MTSN 5 KEDIRI. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (299kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (257kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Bimbingan Keagamaan Sebagai Upaya Mengatasi Kenakalan Peserta Didik di MTsN 5 Kediri” ditulis oleh Rizki Ardika Akbar, NIM 126201213273, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Lailatuzz Zuhriyah, M,FiL.I. Kata Kunci : Bimbingan Keagamaan, Kenakalan Peserta Didik Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya kenakalan remaja yang terjadi di Indonesia terutama di kalangan pelajar, masalah kenakalan remaja yang ada di Indonesia saat ini menjadi permasalahan yang begitu serius, seperti yang terjadi di MTsN 5 Kediri. Secara umum, peserta didik di madrasah ini memiliki akhlak yang cukup baik, namun bukan berarti tidak ada peserta didik yang mengalami kenakalan remaja. Oleh karena itu, seorang guru perlu menentukan upaya yang tepat untuk mengatasi hal tersebut. Upaya yang dimaksud tidak hanya sebatas pada ranah pencegahan (preventif) saja, tetapi juga pada ranah kuratif dan preservatif agar hasilnya bisa lebih maksimal. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi bimbingan keagamaan sebagai upaya kuratif dalam mengatasi kenakalan peserta didik di MTsN 5 Kediri? (2) Bagaimana implementasi bimbingan keagamaan sebagai upaya preventif dalam mengatasi kenakalan peserta didik di MTsN 5 Kediri? (3) Bagaimana implementasi bimbingan keagamaan sebagai upaya preservatif dalam mengatasi kenakalan peserta didik di MTsN 5 Kediri?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan implementasi bimbingan keagamaan sebagai upaya kuratif dalam mengatasi kenakalan peserta didik di MTsN 5 Kediri (2) Untuk mendeskripsikan implementasi bimbingan keagamaan sebagai upaya preventif dalam mengatasi kenakalan peserta didik di MTsN 5 Kediri (3) Untuk mendeskripsikan implementasi bimbingan keagamaan sebagai upaya preservatif dalam mengatasi kenakalan peserta didik di MTsN 5 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian melalui kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data melalui uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas, uji konfirmabilitas. Hasil penelitian ini adalah : (1) Implementasi bimbingan keagamaan sebagai upaya preventif dalam mengatasi kenakalan peserta didik di MTsN 5 Kediri yaitu melaksanakan sosialisasi edukasi kepada guru, siswa, dan orang tua, menerapkan pembiasaan aktivitas keagamaan seperti sholat Dhuha dan Dzuhur berjamaah, melaksanakan kegiatan keagamaan anjangsana di hari libur. (2) Implementasi bimbingan keagamaan sebagai upaya kuratif dalam mengatasi kenakalan peserta didik di MTsN 5 Kediri yaitu melakukan pembinaan kepada peserta didik dengan metode baca surat pendek dan keteladanan akhlak Nabi Muhammad SAW, bekerja sama antara Guru, Tim Tata Tertib, BK, Waka Kesiswaan, melaksanakan sosialisasi atau himbauan kepada peserta didik setiap selesai upacara dan sholat Dhuha. (3) Implementasi bimbingan keagamaan sebagai upaya preservatif dalam mengatasi kenakalan peserta didi di MTsN 5 Kediri yaitu menerapkan tahlil dan doa bersama setiap hari jumat, selalu memperingati hari-hari islam, memberikan arahan atau nasehat kepada peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201213273 RIZKI ARDIKA AKBAR
Date Deposited: 23 Sep 2025 08:33
Last Modified: 23 Sep 2025 08:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62405

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item