SYAVIRA NISHFILKHIJJAH, 126204213189 and MUNIRI, 196811302006041009 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI ALJABAR KELAS VII SMPN 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (875kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (297kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (207kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (301kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (710kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (566kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (871kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (449kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Aljabar Kelas VII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Syavira Nishfilkhijjah, NIM. 12620421389, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci : Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Aljabar. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Namun, ada banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahaminya. Kesulitan ini tidak hanya berasal dari siswa, tetapi juga dari model pembelajaran yang kurang inovatif. Hal ini tentu berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Model pembelajaran Problem Based Learning dapat menjadi solusi efektif karena mendorong siswa untuk menganalisis, mengevaluasi, dan menyelesaikan masalah secara logis, sehingga siswa dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar yang optimal. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa pada materi aljabar kelas VII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung, 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi aljabar kelas VII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung, 3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa pada materi aljabar kelas VII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII yang berjumlah 152 siswa. Sampel pada penelitian ini, yaitu kelas VII D yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas ekperimen dan kelas VII C yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas control. Analisis data hasil penelitian diuji menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat, sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji-t dan uji MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa pada materi aljabar kelas VII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji-t yang menunjukkan nilai t_hitung=3,238>t_tabel=2,000 dan nilai sig.0,002<0,05. 2) Ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi aljabar kelas VII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji-t yang menunjukkan nilai t_hitung=2,975>t_tabel=2,000 dan nilai sig.0,004<0,05. 3) Ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa pada materi aljabar kelas VII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji MANOVA yang menunjukkan nilai signifikansi 0,000<0,05 dan 0,008<0,05.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Matematika |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
| Depositing User: | 126204213189 SYAVIRA NISHFILKHIJJAH |
| Date Deposited: | 25 Sep 2025 05:41 |
| Last Modified: | 25 Sep 2025 05:41 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62420 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
