SIFA AULIA KHOIRUN NISA, 126207213143 and FIRSTALENDA SUSGALENI, 8953401024 (2025) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI MAN 3 JOMBANG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (273kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (51kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (266kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (811kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (119kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (117kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Manajemen Kesiswaan dalam Pengembangan Kecerdasan Emosional Peserta Didik di MAN 3 Jombang” ini ditulis oleh Sifa Aulia Khoirun Nisa, Prodi Manajemen Pendidikan Islam, NIM 126207213143 tahun 2025 dibimbing oleh Ibu Firstalenda Susgaleni, S.Pd., M.Pd Kata kunci: Manajemen Kesiswaan, Pengembangan, Kecerdasan Emosional. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena pendidikan yang perlu dimaknai sebagai upaya manusia untuk mewujudkan diri dengan mengoptimalkan semua potensi yang dimilikinya, tidak hanya mengembangkan pengetahuan peserta didik saja, tetapi juga sikap kepribadian, serta aspek sosial emosional disamping keterampilan-keterampilan lain. Maka dari itu Madrasah Aliyah merupakan masa peralihan anak dari masa kanak-kanak menuju masa remaja yang keadaan emosionalnya masih labil. Kemudian dengan adanya kegiatan-kegiatan penunjang seperti yang ada di MAN 3 Jombang yaitu pembelajaran baik di dalam kelas atau di luar kelas di antaranya ekstrakurikuler, club olimpiade serta beberapa kegiatan lainnya. Hal ini yang menunjang para peserta didik memiliki kecerdasan emosional yang membuat peserta didik mampu mengelola dan mengenali emosi serta mampu untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Dengan demikian, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian lebih mendalam terkait peran manajemen kesiswaan dalam pengembangan kecerdasan emosional peserta didik di MAN 3 Jombang. Fokus penelitian ini adalah (1) Perencanaan penerimaan siswa baru dalam pengembangan kecerdasan emosional peserta didik di MAN 3 Jombang, (2) Pengelompokan siswa dalam pengembangan kecerdasan emosional peserta didik di MAN 3 Jombang , (3) Pelaksanaan pembinaan siswa dalam pengembangan kecerdasan emosional peserta didik di MAN 3 Jombang. Penelitian ini jika dilihat dari sumber datanya, penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Sedangkan jenis datanya, pendekatan yang digunakan termasuk penelitian kualitatif yang menghasilkan penjelasan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga teknik, yaitu wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis secara induktive dengan tiga tahap, yakni: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini meliputi: (1) perencanaan penerimaan siswa baru dalam pengembangan kecerdasan emosional di MAN 3 Jombang menghasilkan sebuah perencanaan untuk mengembangkan kecerdasan emosional siswa yaitu dengan adanya kebijakan mengenai penerimaan semua calon siswa yang mendaftar. (2) pengelompokan siswa dalam pengembangan kecerdasan emosional menghasilkan beberapa bagian yang mana bagian tersebut meliputi pengelompokan kelas berdasarkan hasil tes yang meliputi kemampuan belajar anak seperti tes diagnostik serta tes IQ, kemudian ada pengelompokan ekstrakurikuler berdasarkan bakat dan minat yang ada pada masing-masing peserta didik yang disesuaikan dengan kemampuan peserta didik. (3) pelaksanaan pembinaan ada tiga kategori yaitu pembinaan kedisiplinan yang membuat anak memiliki kondisi emosional seperti tanggung jawab, pembinaan akademik dan pembinaan non akademik yang masing-masing pembinaan tersebut mampu mengembangkan emosional peserta didik seperti kegiatan didalam atau di luar kelas seperti memotivasi dirinya sendiri serta bertanggung jawab untuk melakukan kegiatan tersebut. Bukan hanya tanggung jawab tetapi juga rasa percaya diri, jujur, memiliki empati serta membina hubungan baik antar guru maupun sesama peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > EQ Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Pendidikan > Manajemen Pembelajaran Pendidikan Pendidikan Islam Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas Pendidikan > Peserta Didik Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 126207213143 SIFA AULIA KHOIRUN NISA |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 04:15 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 04:15 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62447 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |