PERAN GURU AGAMA DALAM MENINGKATKAN PERILAKU RELIGIUS SISWA MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MAN KANDAT KEDIRI

MUHAMMAD IQBAL ROSYADI, 2811133169 (2017) PERAN GURU AGAMA DALAM MENINGKATKAN PERILAKU RELIGIUS SISWA MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MAN KANDAT KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (419kB) | Preview
[img] Text
Bab 6.pdf

Download (159kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (269kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “ Peran guru agama dalam meningkatkan perilaku religius siswa melalui kegiatan keagamaan di MAN Kandat Kediri” ini ditulis oleh Muhamad iqbal rosyadi, 2811133169 jurusan pendidikan agama islam fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan institut agama islam negeri (IAIN) Tulungagung yang di bimbing oleh Drs. H.Muh. Kharis, M.Pd. Kata kunci : Peran guru agama, Perilaku religius, Kegiatan keagamaan. Penelitian ini di latar belakangi oleh globalisasi yang memiliki dampak positif dan negatif. Dari globalisasi berupa masuknya budaya-budaya asing yang begitu cepat dan mudah saling bertukar tempat dan saling mempengaruhi satu sama lain. Bagi dunia pendidikan, hal tersebut merupakan suatu tantangan yang harus di hadapi dalam memasuki era globalisasi ini. Dunia pendidikan dituntut untuk memberikan respon yang lebih cermat terhadap perubahan yang berlangsung di masyarakat terutama dalam hal ini menghiasi kebiasaan positif untuk meningkatkan perilaku religius siswa. Dengan demikian, kegiatan-kegiatan keagamaan harus di pacu guna menghindari akses-akses negatif dari teknologi modern. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana Peran guru agama dalam meningkatkan perilaku religius siswa melalui kegiatan sholat dhuha di MAN Kandat Kediri? (2) Bagaimana peran guru agama dalam meningkatkan perilaku religius siswa melalui kegiatan khitobah di MAN Kandat Kediri? (3) Bagaimana peran guru agama dalam meningkatkan perilaku religius siswa melalui kegiatan kajian keputrian di MAN Kandat Kediri? Skripsi ini bermanfaat bagi madrasah sebagai input dan tambahan informasi dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan khususnya pendidikan agama islam, bagi guru MAN Kandat Kediri dapat digunakan sebagai dasar peningkatan perilaku religius siswa, bagi penulis digunakan sebagai tugas akhir syarat untuk mendapatkan gelar S-1, bagi peneliti yang akan datang sebagai bahan kajian penunjang dan bahan pengembang perencanaan penelitian dalam meneliti hal-hal yang berkaitan dengan topik penelitian ini, bagi perguruan tinggi dapat dimanfaatkan oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung sebagai tambahan sumber ilmu dan sumbangan pemikiran untuk tercapainya tujuan pendidikan agama islam. Dalam penelitian ini, yang digunakan adalah penelitian kualitatif, teknik pengambilan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. analisis datanya dengan reduksi data, display(penyajian data), dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dengan trianggulasi, meningkatkan ketekunan, dan perpanjangan peneliitian. Hasil Penelitian menunjukan bahwa: 1) Peran guru agama dalam kegiatan sholat dhuha di MAN Kandat Kediri yaitu guru sebagai pendidik, guru sebagai model dan teladan, pelaksanaanya berupa guru memberikan kegiatan secara istiqomah dari refleksi materi yang telah diajarkan, guru menjadi imam dan selalu hadir di awal waktu sebelum kegiatan di mulai. 2) Peran guru agama dalam kegiatan khitobah yaitu guru berperan sebagai mediator dan fasilitator, guru berperan sebagai evaluator dan motivator, bentuk pelaksanaanya guru memberikan fasilitas sarana sound sistem dan micropone serta ruangan kegiatan, serta memberi media internet sebagai bahan materi khitobah, guru memberikan masukan dan saran serta apresiasi dan selalu memberi semangat setiap mengikuti khitobah. 3) Peran guru agama dalam kegiatan kajian keputrian guru sebagai pendidik, guru sebagai pengajar, bentuk pelaksanaan dalam mendidik memberikan arahan merubah cara berpakaian siswi putri menjadi lebih melebarkan busananya dan berkerudung tertutup ke bawah lebih panjang, guru menyampaikan materi-materi khusus kewanitaan, mengajak diskusi dan sharing, dan mempersilahkan tanya jawab.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: iqbal r. 2811133169 muhamad iqbal rosyadi
Date Deposited: 10 Oct 2017 07:29
Last Modified: 10 Oct 2017 07:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6246

Actions (login required)

View Item View Item