NISWATUL QONITA, 126205211051 and ANNAS RIBAB SIBILANA, 199210182023211026 (2025) IMPLEMENTASI METODE MNEMONIK UNTUK MENINGKATKAN DAYA INGAT HAFALAN ASMAUL HUSNA DI MI IRSYADUT THOLIBIN BANDARKEDUNGMULYO JOMBANG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (506kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (344kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (157kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (433kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (743kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (396kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (277kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Mnemonik untuk Meningkatkan Daya Ingat Hafalan Asmaul Husna Di MI Irsyadut Tholibin Bandarkedungmulyo Jombang” ini ditulis oleh Niswatul Qonita, NIM.126205211051. Di bimbing oleh Dr. Annas Ribab Sibilana, M.Pd.I. Kata Kunci: Metode Mnemonik,Hafalan Asmaul Husna, Peserta didik MI Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan peserta didik dalam menghafal Asmaul Husna akibat perbedaan daya ingat serta kurangnya metode pembelajaran yang menarik, sehingga hafalan dianggap menjadi beban bagi peserta didik. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan metode yang sesuai dengan tahap perkembangan kognitif anak, serta mampu membantu peserta didik mengingat dengan cara yang lebih mudah dan menyenangkan. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode mnemonik, yaitu teknik menghafal yang menggunakan bantuan seperti lagu (irama) atau gambar guna memperkuat daya ingat peserta didik. Fokus penelitian ini ialah 1) Perencanaan metode mnemonik untuk meningkatkan daya ingat hafalan Asmaul Husna di MI Irsyadut Tholibin Bandarkedungmulyo Jombang? 2) Pelaksanaan metode mnemonik untuk meningkatkan daya ingat hafalan Asmaul Husna di MI Irsyadut Tholibin Bandarkedungmulyo Jombang? 3) Evaluasi metode mnemonik untuk meningkatkan daya ingat hafalan Asmaul Husna di MI Irsyadut Tholibin Bandarkedungmulyo Jombang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan,dan evaluasi metode mnemonik untuk meningkatkan daya ingat hafalan asmaul husna di MI Irsyadut Tholibin Bandarkedungmulyo Jombang. Penelitian ini menggunakan pendektan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, Analisis data meliputi tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan berdasarkan temuan yang dianalisis. Uji keabsahan data dilakukan dengan triagulasi sumber, triagulasi teknik dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). perencanaan metode mnemonik, khususnya melalui teknik irama lagu, telah dirancang dan diterapkan secara efektif dalam pembelajaran. Meskipun guru belum mendapat pelatihan khusus. Guru menyusun rpp, serta menyiapkan media seperti kerta asmaul husna dan audio lagu asmaul husna yang sesuai. Hal ini menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan efektif dalam memperkuat daya ingat serta pehamahan terhadap makna asmaul husna 2) Pelaksanaan pembacaan asmaul husna dilakukan secara rutin setiap pagi sebelum salat Dhuha, menggunakan lagu. Metode ini melibatkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Setoran hafalan dilaksanakan di kelas masing-masing dengan bimbingan guru. Faktor pendukung keberhasilan metode ini adalah lingkungan sekolah yang kondusif, dukungan guru dan orang tua, serta kesukaan siswa terhadap lagu. Hambatan yang muncul meliputi perbedaan kemampuan siswa, rasa kurang percaya diri, dan gangguan konsentrasi. 3) Evaluasi dilakukan melaui pengamatan langsung terhadap kelancaran peserta didik dalam menghafal dan tes lisan secara individual dan dibantu kartu hafalan peserta didik. Dengan demikian hasilnya dapat meningkatan kemampuan hafalan peserta didik, baik secara kognitif, emosional, maupun spiritual. Metode mnemonik terbukti efektif dalam membantu siswa menghafal Asmaul Husna sekaligus membentuk karakter dan akhlak mulia.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan Islam Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205211051 NISWATUL QONITA |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 03:37 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 03:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62460 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |