Analisis Strategi Pelayanan Prima Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah Pada BMT UGT Sidogiri Kantor Cabang Lodoyo Kabupaten Blitar

FEBRI ALY ISHAQ, 2823133058 (2017) Analisis Strategi Pelayanan Prima Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah Pada BMT UGT Sidogiri Kantor Cabang Lodoyo Kabupaten Blitar. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (672kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (280kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (379kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Strategi Pelayanan Prima Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah Pada BMT UGT Sidogiri Kantor Cabang Lodoyo Kabupaten Blitar” ini ditulis oleh Febri Aly Ishaq, NIM. 2823133058, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Drs. H. Mashudi, M.Pd.I Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya pertumbuhan bisnis perbankan, pesatnya pertumbuhan tersebut menuntut perusahaan untuk bersaing agar dapat memuaskan para nasabahnya dengan meningkatkan kualitas pelayanan. Peningkatan kualitas pelayanan ini bertujuan agar nasabah menjadi loyal kepada lembaga keuangan dan mempertahankan loyalitas nasabah, agar lembaga keuangan dapat bertahan dalam persaingan yang ada. Pelayanan prima sangat penting dalam sebuah lembaga keuangan, pelayanan prima dapat mengembangkan keunggulan dan meningkatkan kualitas lembaga keuangan tersebut. dengan adanya pelayanan yang baik akan dapat meningkatkan kepercayaan, dan kepuasan nasabah terhadap lembaga keuangan, dalam hal ini lembaga keuangan tersebut adalah BMT UGT Sidogiri kantor cabang Lodoyo. Pelayanan prima akan bermanfaat bagi proses menjalankan kinerja BMT, meningkatkan kualitas kinerja BMT, dan dalam mempertahankan keberadaan nasabah agar tetap loyal kepada BMT. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi pelayanan prima dalam meningkatkan loyalitas nasabah di BMT UGT Sidogiri Kantor Cabang Lodoyo Kabupaten Blitar?, 2) Bagaimana kendala strategi pelayanan prima dalam meningkatkan loyalitas nasabah di BMT UGT Sidogiri Kantor Cabang Lodoyo Kabupaten Blitar?, 3) Bagaimana upaya yang dilakukan BMT UGT Sidogiri Kantor Cabang Lodoyo Kabupaten Blitar untuk mengatasi kendala strategi pelayanan prima dalam meningkatkan loyalitas nasabah?. Adapun tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Mengetahui strategi pelayanan prima yang dilakukan oleh BMT UGT Sidogiri Kantor Cabang Lodoyo Kabupaten Blitar untuk meningkatkan loyalitas nasabah. 2) Mengetahui kendala strategi pelayanan prima dalam meningkatkan loyalitas nasabah di BMT UGT Sidogiri Kantor Cabang Lodoyo Kabupaten Blitar. 3) Mengetahui upaya yang dilakukan BMT UGT Sidogiri Kantor Cabang lodoyo Kabupaten Blitar untuk mengatasi kendala strategi pelayanan prima dalam meningkatkan loyalitas nasabah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan jenis penelitian menggunakan jenis penelitian lapangan, yang mana mendeskripsikan data-data yang ada dilapangan kemudian menganalisisnya dan mendapatkan kesimpulan sesuai dengan ada adanya. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan metode deskriptif analisis. Data-data yang berhasil ditemukan dilapangan selanjutnya dianalisa, dan kemudian disajikan secara tertulia. Hasil penelitian yang telah dilakukan di BMT UGT Sidogiri kantor cabang Lodoyo mengenai startegi pelayanan prima dalam meningkatkan loyalitas nasabah sangatlah penting. Hal ini dapat ditunjukkan dengan hasil wawancara yang telah peneliti lakukan terhadap nasabah BMT, yang mana sebagian besar nasabah mengatakan dengan memberikan layanan yang memuaskan nasabah, akan mampu membuat nasabah loyal terhadap BMT. Dengan melakukan strategi pelayanan yang prima membuat nasabah nyaman untuk bertransaksi dan tetap menggunakan jasa dan produk yang ditawarkan oleh BMT. Dengan begitu BMT dapat mengatasi persaingan dalam dunia lembaga keuangan, dan mampu meningkatkan dan mempertahankan loyalitas nasabah. Kata Kunci: Strategi Pelayanan Prima, Loyalitas Nasabah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 2823133058 FEBRI ALY ISHAQ
Date Deposited: 10 Oct 2017 06:31
Last Modified: 10 Oct 2017 06:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6248

Actions (login required)

View Item View Item