EFEKTIFITAS TA’ZIR DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN SANTRI DI PONDOK PESANTREN MA’HADUL ILMI WAL AMAL (MIA) DESA MOYOKETEN KECAMATAN BOYOLANGU KABUPATEN TULUNGAGUNG

MUHAMMAD ALI MASKUR, 2811133173 (2017) EFEKTIFITAS TA’ZIR DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN SANTRI DI PONDOK PESANTREN MA’HADUL ILMI WAL AMAL (MIA) DESA MOYOKETEN KECAMATAN BOYOLANGU KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (505kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (453kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (377kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (628kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (328kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Efektifitas Ta’zir Dalam Meningkatkan Disiplin Santri di Pondok Pesantren Ma’hadul Ilmi wal Amal (MIA) Desa Moyoketen Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Muhammad Ali Maskur NIM. 2811133173, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Fathul Mujib, M.Ag. Kata Kunci: Efektifitas, Ta’zir, Disiplin Disiplin merupakan sikap pengendalian diri seseorang supaya dapat membedakan mana hal yang benar dan mana hal yang salah. Sehingga dalam jangka panjang diharapkan bisa menumbuhkan perilaku yang bertanggung jawab. Sikap disiplin juga sangat dibutuhkan di berbagai lembaga pendidikan salah satunya pondok pesantren. Ta’zir menjadi salah satu bagian metode untuk mendisiplinkan santri. Disamping itu ta’zir bertujuan untuk meningkatkan kualitas kedisiplinan santri di Pondok Pesantren. Peneliti ini mengkaji keefektifitasan ta’zir dengan disiplin santri di Pondok Pesantren MIA Tulungagung. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: (1) Bagaimana penerapan ta’zir dalam meningkatkan kedisiplinan santridi Pondok Pesantren Ma’hadul Ilmi wal Amal (MIA)? (2) Bagaimanaefektivitaspenerapanta’zirdalammeningkatkan kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Ma’hadul Ilmi wal Amal (MIA)? (3) Faktor apa yang mempengaruhi efektifitas ta’zir dalam meningkatkan kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Ma’hadul Ilmi wal Amal (MIA)? Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengidentifikasi penerapanta’zir dalam meningkatkan kedisiplinan santri diPondokPesantrenMa’hadul Ilmi wal Amal (MIA). (2) Mendeskripsikan efektivitas penerapan ta’zirdalam meningkatkan disiplin santri di PondokPesantren Ma’hadul Ilmi wal Amal (MIA). (3) Mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi efektifitas ta’zir dalam meningkatkan kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Ma’hadul Ilmi wal Amal (MIA). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan, pembahasan teman sejawat serta triangulasi sumber,teknik dan waktu. Hasil penelitian di Pondok Pesantren Ma’hadul Ilmi wal Amal (MIA) Tulungagung tentang efektifitas ta’zir yakni: (1) Penerapan ta’zir dalam meningkatkan kedisiplinan santridi Pondok Pesantren Ma’hadul Ilmi wal Amal (MIA) adalah penerapan ta’zir yang berupa edukatif atau mendidik seperti membaca AlQur’an, Adhzan dan ta’zir fisik seperti menyapu, mengepel dan tidak ada ta’zir denda/uang. (2) Efektivitaspenerapanta’zirdalammeningkatkan kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Ma’hadul Ilmi wal Amal (MIA) adalah efektif dalam meningkatkan disiplin beribadah, efektif dalam meningkatkan disipin belajar, efektif dalam meningkatkan disiplin mengatur waktu, efektif dalam meningkatkan disiplin mentaati peraturan. (3) Faktor yang mempengaruhi efektifitas ta’zir dalam meningkatkan kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Ma’hadul Ilmi wal Amal (MIA) adalah faktor individu dan faktor lingkungan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133173 MUHAMMAD ALI MASKUR
Date Deposited: 10 Oct 2017 07:52
Last Modified: 10 Oct 2017 07:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6250

Actions (login required)

View Item View Item