BENTUK SINERGITAS GURU TAHFIDZ DAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS TAHFIDZ DI MTsN 3 BLITAR

DEWI BADRUL KHARIROTUS SIFA, 126201212183 and IKFI KHOULITA, 19821013201801200 (2025) BENTUK SINERGITAS GURU TAHFIDZ DAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS TAHFIDZ DI MTsN 3 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (223kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Bentuk Sinergitas Guru Tahfidz dan Orang Tua dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa Kelas Tahfidz di MTsN 3 Blitar ini” ini ditulis oleh Dewi Badrul Kharirotus Sifa, NIM. 126201212183, Pembimbing Ikfi Khoulita, M.Pd.I, NIP. 198210132018012001. Kata Kunci: Sinergitas Guru Tahfidz dan Orang Tua, Kemampuan Menghafal, AlQur’an. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi dengan Al-Qur’an adalah pedoman hidup umat Islam dan pendidikan tahfidz kini berkembang untuk membentuk karakter siswa. Proses hafalan yang penuh tantangan membutuhkan dukungan guru dan orang tua secara sinergis. Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana bentuk komunikasi guru tahfidz dan orang tua dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an pada siswa kelas tahfidz di MTsN 3 Blitar?, 2) Bagaimana bentuk koordinasi guru tahfidz dan orang tua dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an pada siswa kelas tahfidz di MTsN 3 Blitar?, 3) Bagaimana hambatan dan dukungan guru tahfidz dan orang tua dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an pada siswa kelas tahfidz di MTsN 3 Blitar? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk komunikasi, koordinasi, serta hambatan dan dukungan antara guru tahfidz dan orang tua dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an pada siswa kelas tahfidz di MTsN 3 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus lapangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan sinergitas guru tahfidz dan orang tua dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an, tanpa menggunakan prosedur statistik. Lokasi penelitian ini di MTsN 3 Blitar karena lembaga ini memiliki program tahfidz yang relevan dengan fokus penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dat yang digunakan pada penelitian ini berupa kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi data, perpanjangan pengamatan, dan meningkatkan ketekunan penelitian. Dari penelitian ini diperoleh hasil penelitian yaitu (1) Guru tahfidz di MTsN 3 Blitar membangun komunikasi verbal dan digital (melalui WhatsApp, seminar, dan ruang konsultasi) dengan orang tua untuk mendukung hafalan siswa. Komunikasi ini menciptakan sinergi efektif yang memperkuat keterlibatan orang tua dalam proses belajar anak, meskipun masih perlu ditingkatkan dalam variasi dan frekuensinya. (2) Koordinasi horizontal antara guru dan orang tua dilakukan melalui media digital, pelaporan rutin seperti raport tahfidz, serta komunikasi dua arah. Koordinasi ini membantu pemantauan hafalan secara berkelanjutan, mendorong keterlibatan aktif orang tua, dan mempercepat penanganan hambatan belajar siswa. (3) Hambatan utama berasal dari kurangnya pendampingan orang tua, motivasi siswa yang rendah, serta gangguan internal dan eksternal. Sebaliknya, dukungan hadir melalui metode belajar yang efektif, motivasi rutin, apresiasi, dan sinergi guru dengan orang tua yang memperkuat proses hafalan siswa kelas tahfidz

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Quran
Pendidikan > Guru
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201212183 DEWI BADRUL KHARIROTUS SIFA
Date Deposited: 30 Sep 2025 04:16
Last Modified: 30 Sep 2025 04:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62556

Actions (login required)

View Item View Item