PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA MTS DARUL FALAH BENDILJATI KULON

'ULYA ROSYIDATUZZAHRO', 126204211082 and MISWANTO, 198508272011011006 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA MTS DARUL FALAH BENDILJATI KULON. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (846kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (366kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (353kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa MTs Darul Falah Bendiljati Kulon” ini ditulis oleh ‘Ulya Rosyidatuzzahro’., NIM 126204211082, dengan pembimbing Dr. Miswanto, M.Pd. Kata kunci: Model Pembelajaran Make a Match, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Relasi dan Fungsi Pembelajaran dengan model yang tidak tepat menjadikan pembelajaran kurang maksimal. Siswa merasa pembelajaran membosankan terutama pembelajaran matematika yang masih dianggap sulit. Pembelajaran matematika yang dianggap sulit ini memengaruhi motivasi belajar dan hasil belajar siswa menjadi rendah. Penerapan model pembelajaran yang tepat menentukan kesuksesan pembelajaran siswa. Penelitian ini menerapkan model pembelajaran kooperatif make a match yang dapat menjadikan siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya 1) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII materi relasi dan fungsi di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon, 2) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa kelas VIII materi relasi dan fungsi di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon, 3) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas VIII materi relasi dan fungsi di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol yang berjumlah 165 siswa. Dalam menentukan sampel yang diambil yaitu menggunakan teknik sampling simple random sampling. Sampel yang diambil yaitu kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-E sebagai kelas kontrol. Instrumen untuk mengumpulkan data menggunakan angket, tes dan dokumentasi. Intrumen angket digunakan untuk mengukur motivasi belajar dan tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa. Instrumen dilakukan uji validitas dan reliabilitas sebelum digunakan untuk pengambilan data. Analisis data terdiri atas uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas, serta uji hipotesis yaitu uji-t dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII pada materi relasi dan fungsi di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon. Kesimpulan tersebut berdasarkan hasil pengujian dengan nilai signifikansi 0,005<0,05. 2) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi relasi dan fungsi di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon. Kesimpulan tersebut berdasarkan hasil pengujian dengan nilai signifikansi 0,001<0,05. 3) Ada pengaruh model kooperatif tipe make a match terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas VIII pada materi relasi dan fungsi di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon, Kesimpulan tersebut berdasarkan hasil pengujian dengan nilai signifikansi 0,001<0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Himpunan
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204211082 'ULYA ROSYIDATUZZAHRO'
Date Deposited: 30 Sep 2025 02:19
Last Modified: 30 Sep 2025 02:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62589

Actions (login required)

View Item View Item