PEMANFAATAN MEDIA WAYANG DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK PADA PESERTA DIDIK MA AL-MUTTAQIEN BAGOR NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2024/2025

DEWI SETYANINGRUM, 126201213242 and IMAM FU'ADI, 196903311994031002 (2025) PEMANFAATAN MEDIA WAYANG DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK PADA PESERTA DIDIK MA AL-MUTTAQIEN BAGOR NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2024/2025. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (437kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (402kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (544kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (401kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Media Wayang, Pembelajaran Aqidah Akhlak, Minat Belajar, Akhlak Terpuji, Akhlak Tercela, Budaya Lokal. Oleh Dewi Setyaningrum, NIM. 126201213242 dengan Judul “Pemanfaatan Media Wayang dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak pada peserta didik MA Al-Muttaqien Bagor Nganjuk Tahun Pelajaran 2024/2025” Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan,Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Prof. Dr. H. Imam Fu’adi, M.Ag., Guru sebagai pendidik dituntut untuk kreatif dalam memilih metode dan media pembelajaran yang sesuai agar proses belajar menjadi efektif dan menarik. Media pembelajaran yang menarik, seperti media wayang, dapat membantu menyampaikan materi secara abstrak pada Aqidah Akhlak dengan lebih mudah dipahami oleh peserta didik. Wayang merupakan warisan budaya lokal yang kaya akan nilai moral dan spiritual. Dengan mengangkat tokoh-tokoh wayang seperti Pandawa dan Kurawa, guru dapat menyampaikan nilai-nilai akhlak terpuji dan tercela secara kontekstual dan menarik. Di MA Al-Muttaqien Bagor Nganjuk, pemanfaatan media wayang dinilai relevan karena lingkungan masyarakatnya masih kental dengan budaya tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pelaksanaan, (2) efektivitas, (3) tanggapan peserta didik, serta (4) hasil dari pemanfaatan media wayang dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di MA Al-Muttaqien Bagor Nganjuk Tahun Pelajaran 2024/2025. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya pengembangan media pembelajaran yang kreatif dan kontekstual guna meningkatkan minat belajar, pemahaman, serta keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi guru mata pelajaran Aqidah Akhlak dan peserta didik MA Al-Muttaqien. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak menggunakan media wayang dilaksanakan melalui pertunjukkan lakon wayang dengan cerita yang dikaitkan dengan nilai-nilai akhlak terpuji dan akhlak tercela pada pembelajaran Aqidah Akhlak, untuk memperjelas materi yang disampaikan terkait dengan media yang disajikan. (2) Efektivitas pemanfaatan media wayang dalam meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap pembelajaran Aqidah Akhlak terbukti efektif dan dapat meningkatkan pemahaman. Peserta didik mampu memahami konsep secara abstrak dengan disajikannya pertunjukkan media wayang. (3) Tanggapan peserta didik terhadap pemanfaatan media wayang dalam pembelajaran Aqidah Akhlak membuat peserta didik sangat antusias tinggi dan merspon dengan baik ketika belajar menggunakan media tersebut. Peserta didik mendengarkan, memperhatikan, memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dengan media tersebut.(4) Hasil pemanfaatan media wayang dalam pembelajaran Akidah Akhlak memberikan dampak positif, khususnya dalam meningkatkan semangat belajar peserta didik. Media wayang juga dapat berkontribusi penting dalam melestarikan budaya lokal serta memperkuat nilai-nilai karakter dan moral peserta didik sesuai dengan ajaran Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Kebudayaan Islam
Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201213242 DEWI SETYANINGRUM
Date Deposited: 01 Oct 2025 06:23
Last Modified: 01 Oct 2025 06:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62610

Actions (login required)

View Item View Item