PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 14 BLITAR

IKE FRANSISKA, 17205163098 (2020) PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 14 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (9MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (8MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (8MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Gaya Belajar terhadap Minat Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 14 Blitar” ini ditulis oleh Ike Fransiska, NIM. 17205163098, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, yang dibmbing oleh Drs.H. Jani, M.M.,M.Pd. kata kunci : Gaya Belajar Visual, Auditorial, Kinestetik, dan Minat Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yang menunjukkan kurangnya perhatian dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Untuk meningkatkan minat belajar pada siswa dapat dilakukan dengan memperhatikan gaya belajar siswa. Penerapan gaya belajar siswa yang sesuai dalam pembelajaran diharapkan dapat membangkitkan semangat siswa terhadap mata pelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis ingin mengamati pengaruh gaya belajar siswa terhadap minat belajar siswa di MIN 14 Blitar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh yang positif dan signifikan gaya belajar visual terhadap minat belajar siswa MIN 14 Blitar tahun pelajaran 2019/2020? (2) Adakah pengaruh yang positif dan signifikan gaya belajar auditori terhadap minat belajar siswa MIN 14 Blitar tahun pelajaran 2019/2020 ? (3) Adakah pengaruh yang positif dan signifikan gaya belajar kinestetik terhadap minat belajar siswa MIN 14 Blitar tahun pelajaran 2019/2020? (4) Seberapa besar pengaruh yang positif dan signifikan gaya belajar Visual, auditori, dan kinestetik terhadap minat belajar siswa di MIN 14 Blitar tahun pelajaran 2019/2020 ? Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi, sampling yang digunakan adalah simple random sampling.Populasi penelitian ini seluruh siswa di MIN 14 Blitar, sedangkan sampelnya kelas IV A, B, dan C di MIN 14 Blitar. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear berganda, Uji T, dan Uji F. Yang sebelumnya telah melakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji linearitas, dan uji asumsi klasik yaitu uji multikoliniaritas dan uji heterokedastisitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil uji regresi linear berganda dan uji t. Menunjukkan terdapat pengaruh positif yang signifkan antara gaya belajar visual terhadap minat belajar siswa dengan nilai Sig t 0,000. (2) Hasil uji regresi linear berganda dan uji t. Menunjukkan terdapat pengaruh positif yang signifkan antara gaya belajar auditori terhadap minat belajar siswa dengan nilai Sig t 0,011. (3) Hasil uji regresi linear berganda dan uji t. Menunjukkan terdapat pengaruh positif yang signifkan antara gaya belajar kinestetik terhadap minat belajar siswa dengan nilai Sig t 0,001. (4) Hasil uji regresi linear berganda dan uji f. Menunjukkan terdapat pengaruh positif yang signifkan antara gaya belajar visual terhadap minat belajar siswa dengan nilai Sig f 0,000.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Gaya Belajar
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163098 IKE FRANSISKA
Date Deposited: 01 Oct 2025 02:38
Last Modified: 01 Oct 2025 02:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62641

Actions (login required)

View Item View Item