HUBUNGAN GROWTH MINDSET DENGAN NUMERASI SISWA KELAS XI PADA MATERI LAJU REAKSI

SHEFI AULIA MADINATUL ILMI, 126212212044 and IFAH SILFIANAH, 198507092018012001 (2025) HUBUNGAN GROWTH MINDSET DENGAN NUMERASI SISWA KELAS XI PADA MATERI LAJU REAKSI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (246kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Numerasi merupakan pondasi yang kuat untuk mencapai keterampilan 4C yang meliputi creative thinking, collaboration, communication, critical thinking, and problem solving. Numerasi berkaitan dengan materi laju reaksi. Pada materi tersebut, masih banyak siswa mengalami miskonsepsi sehingga diperlukan keterampilan numerasi untuk membantu siswa memahami konsep perhitungan pada materi tersebut. Numerasi siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah growth mindset. Oleh karena itu, peneliti dalam hal ini mencoba mencari hubungan growth mindset dengan numerasi siswa kelas XI pada materi laju reaksi.Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan tingkat growth mindset siswa dalam pembelajaran materi laju reaksi, 2) untuk mendeskripsikan numerasi siswa dalam pembelajaran materi laju reaksi, 3) untuk mengetahui hubungan growth mindset dengan numerasi siswa pada materi laju reaksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling sehingga diperoleh dua kelas XI MIPA MAN Kota Blitar dengan jumlah 69 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes esai numerasi sebanyak 9 soal yang telah memuat indikator Weilin Han, dkk dan angket growth mindset sebanyak 20 pernyataan dengan skala likert yang telah memuat aspek Carol S. Dweck. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan korelasi spearman rank. Hasil penelitian menunjukkan 1) tingkat growth mindset siswa kelas XI MIPA MAN Kota Blitar berada pada kriteria cukup dengan skor rata-rata sebesar 56,80. Sebanyak 12 siswa (17%) berada dalam kriteria tinggi, 46 siswa (67%) berada dalam kriteria cukup, dan 11 siswa (16%) berada dalam kriteria rendah. 2) tingkat numerasi siswa kelas XI MIPA MAN Kota Blitar berada pada kriteria cukup dengan skor rata-rata sebesar 50,39. Sebanyak 10 siswa (14%) berada dalam kriteria tinggi, 47 siswa (68%) berada dalam kriteria cukup, dan 12 siswa (17%) berada dalam kriteria rendah. 3) terdapat hubungan positif antara growth mindset dengan numerasi pada materi laju reaksi di MAN Kota Blitar dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,596 yang artinya berkorelasi tinggi. Adapun nilai signifikasi growth mindset sebesar 0,000 < 0,05 dan numerasi sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara growth mindset dan numerasi siswa kelas XI pada materi laju reaksi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 126212212044 SHEFI AULIA MADINATUL ILMI
Date Deposited: 01 Oct 2025 03:20
Last Modified: 01 Oct 2025 03:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62654

Actions (login required)

View Item View Item