SOLIKAH, 2811133250 (2017) PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF EFEKTIF MENYENANGKAN (PAKEM) PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAQ DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN [Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al Huda Bandung Tulungagung]. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (729kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (100kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (238kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (307kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (145kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Solikah, NIM. 2811133250, “Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif Menyenangkan (PAKEM) pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran [Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al Huda Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung]”, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, 2017, dosen pembimbing: Drs. H. Ali Rohmad. M.Ag, NIP : 196111101990011001, NIDN : 2010116102. Kata Kunci : Mutu Pembelajaran, Aqidah Akhlak, PAKEM. Fokus penelitian : 1. Bagaimana pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan pada aspek kemampuan siswa aktif pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MTs Al Huda Bandung Tulungagung? ; 2. Bagaimana pembelajaran aktif, kreatif, efektif menyenangkan pada aspek kemampuan siswa kreatif pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MTs Al Huda Bandung Tulungagung?; 3. Bagaimana pembelajaran aktif, kreatif, efektif menyenangkan pada aspek pembelajaran efektif pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MTs Al Huda Bandung Tulungagung?; 4. Bagaimana pembelajaran aktif, kreatif, efektif menyenangkan pada aspek pembelajaran menyenangkan pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MTs Al Huda Bandung Tulungagung? Pendekatan : penelitian kualitatif. Jenis Penelitian : field research, penelitian deskriptif, studi kasus . Lokasi penelitian : Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al Huda Bandung Tulungagung. Instrumen : peneliti. Kehadiran peneliti : dari tanggal 22 Pebruari 2017 sampai 21 Maret 2017. Sumber data : informan, peristiwa/aktivitas, dokumen/arsip, lingkungan fisik dan sosial madrasah. Metode pengumpulan data : observasi-partisipan, wawancara mendalam, dokumentasi. Data hasil penelitian lapangan : ringkasan data. Prosedur analisis data : data reduction, data display, conclusion drawing (verification). Metode analisis data : reduksi data, penyajian data, verifikasi. Pengecekan keabsahan data : 1. credibility (derajat kepercayaan) melalui a. perpanjangan keikutsertaan, b. pengecekan sejawat, c. triangulasi (antar sumber data, antar metode penelitian, antar waktu, teori/kebijakan); 2. Dependabilitas (ketergantungan) : dosen pembimbing selaku auditor; 3. Confirmability (objektifitas) : desain penelitian dianggap baik dan benar, fokus penelitian dianggap tepat, sajian literature dianggap relevan, kinerja instrumen dan cara pendataan dianggap akurat, teknik pengumpulan data dianggap sesuai dengan fokus penelitian, analisis data yang diterapkan dianggap benar, hasil penelitian dianggap bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan; 4. transferability (keabsahan external) : hasil penelitian ini dianggap dapat diaplikasikan di lokasi penelitian yang lain. Hasil penelitian menunjukkan : 1. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak aspek kemampuan siswa aktif dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Al Huda Bandung Tulungagung, memiliki beberapa kecenderungan: a. Guru dalam pelaksanaan pembelajaran, sebelum melaksanakan proses pembelajaran guru memerlukan adanya perencanaan yang diperlukan dalam proses pembelajaran, baik itu perangkat pembelajaran maupun segala hal yang dilakukan terkait dengan proses pembelajaran itu sendiri; b. Pada tahap pembelajaran aktif, guru berusaha menciptakan situasi belajar siswa yang kondusif guna memperkokoh motivasi belajar. 2. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan pada aspek kemampuan siswa kreatif dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Al Huda Bandung Tulungagung, memiliki beberapa kecenderungan: Guru melihat kekreatifan siswa berdasarkan sejauh mana mereka dapat mengutarakan materi yang mereka pahami dengan lisan. Guru juga melihat kemampuan siswa yang kreatif berdasarkan kecakapan mereka dalam memecahkan suatu masalah melalui pertanyaan yang diberikan oleh guru. 3. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan pembelajaran yang efektif dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Al Huda Bandung Tulungagung, memiliki beberapa kecenderungan: a. Guru berusaha menjelaskan materi sebaik mungkin, dengan menggunakan waktu sebaik-baiknya agar tujuan pembelajaran bisa tercapai; b. Saat mengajar guru melaksanakan proses pembelajaran berdasarkan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai agar penggunaan waktu lebih efektif dan tujuan pembelajaran bisa tercapai secara maksimal. 4. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan pada pembelajaran yang menyenangkan dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Al Huda Bandung Tulungagung, memiliki beberapa kecenderungan: a. Guru berusaha memberikan kenyamanan dalam belajar, agar siswa tidak merasa tegang dalam menerima materi; b. Pembelajaran yang menyenangkan bisa juga didapat melalui pemanfaatan gambar di dalam penyampaian materi. Agar anak tidak mudah bosan jika hanya menerima materi dalam bentuk tulisan saja.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811133250 SOLIKAH |
Date Deposited: | 13 Oct 2017 06:42 |
Last Modified: | 13 Oct 2017 06:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6266 |
Actions (login required)
View Item |