LAELATUL QUSNA, 126201212104 and MOH. ALI ABDUL SHOMAD VERY EKO ATMOJO, 197301112007101001 (2025) PENGARUH KOMPETENSI SOSIAL GURU AKIDAH AKHLAK TERHADAP EMPATI DAN PERILAKU BULLYING PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTsN 1 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (798kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (196kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (136kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (154kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (388kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (518kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (19kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (14kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (147kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Kompetensi Sosial Guru Akidah Akhlak terhadap Empati dan Perilaku Bullying Peserta Didik Kelas VIII di MTsN 1 Kota Blitar” ini ditulis oleh Laelatul Qusna, NIM. 126201212104, dengan Pembimbing Skripsi: Moh. Ali Abdul Shomad Very Eko Atmojo, S.Ag., M.Pd.I. Kata kunci : Pengaruh, Kompetensi Sosial, Guru, Empati, Bullying Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena masih maraknya perilaku bullying di lingkungan sekolah, khususnya jenjang menengah pertama. Bullying tidak hanya terjadi dalam bentuk kekerasan fisik, tetapi juga verbal dan psikologis, yang berdampak langsung terhadap perkembangan karakter peserta didik terutama dalam hal empati. Guru khususnya guru Akidah Akhlak memiliki peran dalam membentuk karakter peserta didik melalui pendekatan nilai-nilai agama dan sosial. Tujuan penelitian ini diharapkan mampu memberi sumbangsih keilmuan untuk (1) Menganalisis pengaruh yang posistif dan signifikan kompetensi sosial guru akidah akhlak terhadap empati peserta didik kelas VIII di MTsN 1 Kota Blitar; (2) Menganalisis pengaruh yang positif dan signifikan kompetensi sosial guru akidah akhlak terhadap perilaku bullying peserta didik kelas VIII di MTsN 1 Kota Blitar; (3) Menganalisis pengaruh yang posistif dan signifikan kompetensi sosial guru akidah akhlak terhadap empati dan perilaku bullying peserta didik kelas VIII di MTsN 1 Kota Blitar. Metode penelitian dengan menggunakan jenis pendekatan asosiatif yaitu menjelaskan apakah terdapat pengaruh anatara variabel bebas terhadap variabel terikat dan seberapa besar pengaruhnya. Sumber data yang diteliti adalah peserta didik kelas VIII di MTsN 1 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan teknik sampling proportional random sampling. Peneliti menggunakan rumus slovin untuk menentukan jumlah sampel dari total populasi sehingga ditemukan jumlah sampel sebanyak 100 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kompetensi sosial guru akidah akhlak terhadap empati berdasarkan pengujian nilai signifikan sebesar 0,045 < 0,05; (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kompetensi sosial guru akidah akhlak terhadap perilaku bullying berdasarkan pengujian nilai signifikan sebesar 0,002 < 0,05; (3) Berdasarkan hasil kedua nilai signifikan menunjukkan nilai kurang dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kompetensi sosial guru akidah akhlak terhadap empati dan perilaku bullying peserta didik kelas VIII di MTsN 1 Kota Blitar
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Agama |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | 126201212104 LAELATUL QUSNA |
| Date Deposited: | 06 Oct 2025 02:29 |
| Last Modified: | 06 Oct 2025 02:29 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62660 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
