LAYRA PUTRI WIRITANAYA, 126205212170 and MUH. NURUL HUDA, 197404082007011003 (2025) PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MI MIFTAHUL FALAH SUKOREJO KARANGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (948kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (380kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (277kB) |
![]() |
Text
BAB l.pdf Download (342kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (560kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
![]() |
Text
BAB lV.pdf Restricted to Registered users only Download (594kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (267kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Kegiatan Keagamaan di MI Miftahul Falah Sukorejo Karangrajo Tulungagung” ini ditulis oleh Layra Putri Wiritanaya, NIM. 126205212170, dengan pembimbing H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata Kunci: Karakter Religius, Kegiatan Keagamaan, Pembiasaan, MI Miftahul Falah Sukorejo Pembentukan karakter religius peserta didik menjadi persoalan yang sangat penting dalam dunia pendidikan, khususnya di tengah perkembangan zaman yang semakin kompleks dan tantangan moral yang kian meningkat. MI Miftahul Falah Sukorejo merupakan salah satu lembaga pendidikan yang menanamkan nilai-nilai religius melalui kegiatan keagamaan rutin, seperti shalat dhuha berjamaah, membaca surat Yasin, dan menghafal surat pendek. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan karakter yang tidak hanya bersifat teoritis, tetapi juga aplikatif melalui kegiatan pembiasaan keagamaan. Urgensi penelitian ini terletak pada upaya sekolah dalam membentuk peserta didik yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki pondasi spiritual yang kuat sebagai bekal menghadapi tantangan kehidupan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan pembentukan karakter religius peserta didik melalui kegiatan shalat dhuha berjamaah, (2) mendeskripsikan pembentukan karakter religius peserta didik melalui kegiatan membaca surat Yasin, dan (3) mendeskripsikan pembentukan karakter religius peserta didik melalui kegiatan menghafal surat pendek di MI Miftahul Falah Sukorejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kegiatan keagamaan berupa shalat Dhuha berjamaah di MI Miftahul Falah Sukorejo mampu membentuk sikap disiplin dan tanggung jawab peserta didik, (2) kegiatan membaca surat Yasin menanamkan kecintaan terhadap Al-Qur’an dan meningkatkan spiritualitas, (3) kegiatan menghafal surat pendek melatih konsistensi dan menumbuhkan kedekatan emosional peserta didik dengan nilai-nilai Islam. Ketiga kegiatan tersebut terbukti efektif dalam menanamkan nilai-nilai agama secara menyeluruh, tidak hanya di lingkungan sekolah tetapi juga dalam kehidupan peserta didik di luar sekolah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205212170 LAYRA PUTRI WIRITANAYA |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 06:59 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 06:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62664 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |