PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MI MIFTAHUL FALAH SUKOREJO KARANGREJO TULUNGAGUNG

LAYRA PUTRI WIRITANAYA, 126205212170 and MUH. NURUL HUDA, 197404082007011003 (2025) PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MI MIFTAHUL FALAH SUKOREJO KARANGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (948kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (380kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB l.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text
BAB lV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (267kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Kegiatan Keagamaan di MI Miftahul Falah Sukorejo Karangrajo Tulungagung” ini ditulis oleh Layra Putri Wiritanaya, NIM. 126205212170, dengan pembimbing H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata Kunci: Karakter Religius, Kegiatan Keagamaan, Pembiasaan, MI Miftahul Falah Sukorejo Pembentukan karakter religius peserta didik menjadi persoalan yang sangat penting dalam dunia pendidikan, khususnya di tengah perkembangan zaman yang semakin kompleks dan tantangan moral yang kian meningkat. MI Miftahul Falah Sukorejo merupakan salah satu lembaga pendidikan yang menanamkan nilai-nilai religius melalui kegiatan keagamaan rutin, seperti shalat dhuha berjamaah, membaca surat Yasin, dan menghafal surat pendek. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan karakter yang tidak hanya bersifat teoritis, tetapi juga aplikatif melalui kegiatan pembiasaan keagamaan. Urgensi penelitian ini terletak pada upaya sekolah dalam membentuk peserta didik yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki pondasi spiritual yang kuat sebagai bekal menghadapi tantangan kehidupan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan pembentukan karakter religius peserta didik melalui kegiatan shalat dhuha berjamaah, (2) mendeskripsikan pembentukan karakter religius peserta didik melalui kegiatan membaca surat Yasin, dan (3) mendeskripsikan pembentukan karakter religius peserta didik melalui kegiatan menghafal surat pendek di MI Miftahul Falah Sukorejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kegiatan keagamaan berupa shalat Dhuha berjamaah di MI Miftahul Falah Sukorejo mampu membentuk sikap disiplin dan tanggung jawab peserta didik, (2) kegiatan membaca surat Yasin menanamkan kecintaan terhadap Al-Qur’an dan meningkatkan spiritualitas, (3) kegiatan menghafal surat pendek melatih konsistensi dan menumbuhkan kedekatan emosional peserta didik dengan nilai-nilai Islam. Ketiga kegiatan tersebut terbukti efektif dalam menanamkan nilai-nilai agama secara menyeluruh, tidak hanya di lingkungan sekolah tetapi juga dalam kehidupan peserta didik di luar sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205212170 LAYRA PUTRI WIRITANAYA
Date Deposited: 01 Oct 2025 06:59
Last Modified: 01 Oct 2025 06:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62664

Actions (login required)

View Item View Item