ATISA PEPSINA PRATANDAWATI, 126211212040 and AMBAR SARI, 198906022025212007 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF INOVATIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) TERHADAP KEAKTIFAN DAN KREATIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK DI MTsN 3 BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK .pdf Download (272kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI .pdf Download (229kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (836kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (433kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (498kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (372kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (295kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM) terhadap Keaktifan dan Kreativitas Belajar Peserta Didik Kelas VIII pada Materi Cahaya dan Alat Optik di MTsN 3 Blitar” ditulis oleh Atisa Pepsina Pratandawati, NIM. 126211212040, dengan pembimbing Ibu Ambar Sari, M. Pd. Kata Kunci : PAIKEM, Keaktifan belajar, Kreativitas belajar, Cahaya dan Alat Optik Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan dan kreativitas peserta didik dalam pembelajaran IPA, khususnya pada materi Cahaya dan Alat Optik di kelas VIII MTsN 3 Blitar. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran yang berlangsung masih teacher-centered, di mana guru lebih banyak berperan sebagai sumber informasi tunggal, sementara peserta didik hanya menerima materi secara pasif. Kurangnya variasi metode pembelajaran yang menyebabkan suasana kelas menjadi kurang menyenangkan, sehingga peserta didik merasa bosan, kurangnya keaktifan dalam pembelajaran berdampak pada rendahnya kreativitas peserta didik seperti, kurangnya kemampuan menyampaikan ide-ide baru yang berkaitan dengan materi pelajaran. Oleh karena itu, model PAIKEM diharapkan mampu meningkatkan keaktifan dan kreativitas belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM) terhadap keaktifan belajar peserta didik. (2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM) terhadap kreativitas belajar peserta didik. (3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM) terhadap keaktifan dan kreativitas belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasy experimental dengan Post-test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik MTsN 3 Blitar dengan sampel yang digunakan adalah 32 peserta didik kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan 34 peserta didik kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Pengambilan sempel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah (1) Lembar Observasi keaktifan, 2) Tes kreativitas, dan 3) Dokumentasi. Sebelum digunakan, perlu dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas terlebih dulu. Setelah data penelitian terkumpul selanjutnya digunakan uji T-test dan uji MANOVA untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan (1) Terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM) terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas VIII pada Materi Cahaya dan Alat Optik di MTsN 3 Blitar yang dibuktikan dengan nilai sig. 0,000 < 0,05. Dengan demikian ditolak Ho dan diterima Ha dan nilai thitung dan ttabel diperoleh 8,003 > 1,997 = thitung > ttabel (2) Terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM) terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas VIII pada Materi Cahaya dan Alat Optik di MTsN 3 Blitar yang dibuktikan dengan nilai sig. 0,000 < 0,05. Dengan demikian ditolak Ho diterima Ha dan nilai thitung dan ttabel diperoleh 5,142 > 1,997 = thitung > ttabel (3) Terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM) terhadap Keaktifan dan Kreativitas Belajar Peserta Didik Kelas VIII pada Materi Cahaya dan Alat Optik di MTsN 3 Blitar yang dibuktikan dengan nilai sig. 0,000 < 0,05. Dengan demikian ditolak Ho diterima Ha.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 126211212040 ATISA PEPSINA PRATANDAWATI |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 08:50 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 08:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62672 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |