PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PEER TUTORING (TUTOR SEBAYA) PADA MATERI SISTEM PERNAFASAN MANUSIA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA WAHID HASYIM MODEL LAMONGAN

MOHAMMAD FATKHUR REZA, 12208183181 and MUHAMMAD IQBAL FILAYANI, 199005302023211014 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PEER TUTORING (TUTOR SEBAYA) PADA MATERI SISTEM PERNAFASAN MANUSIA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA WAHID HASYIM MODEL LAMONGAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (787kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (152kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (296kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Peer Tutoring (Tutor Sebaya) Pada Materi Sistem Pernafasan Manusia Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Wahid Hasyim Model Lamongan” ini ditulis oleh Mohammad Fatkhur Reza NIM. 12208183181, Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dibimbing oleh Muhammad Iqbal Filayani, M. Si. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Peer Tutoring (Tutor Sebaya), Sistem Pernafasan Manusia, Motivasi, Hasil Belajar Banyak guru masih menerapkan model pembelajaran konvensional, sehingga kurang menarik perhatian siswa. Kasus tersebut dipengaruhi oleh faktor minimnya inovasi model pembelajaran yang diberikan kepada siswa. Salah satu dampak negatif yang akan timbul adalah menunrunnya hasil belajar siswa berupa menurunnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk membuktikan: 1) pengaruh pembelajaran Peer Tutoring (Tutor Sebaya) pada materi sistem pernafasan manusia terhadap motivasi siswa kelas XI SMA Wahid Hasyim Model Lamongan. 2) Pengaruh pembelajaran Peer Tutoring (Tutor Sebaya) pada materi sistem pernafasan manusia terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Wahid Hasyim Model Lamongan. Dan 3) Pengaruh pembelajaran Peer Tutoring (Tutor Sebaya) pada materi sistem pernafasan manusia terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI SMA Wahid Hasyim Model Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian quasy eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Wahid Hasyim Model Lamongan, sedangkan sampelnya yaitu pada kelas XI IPA 1 dan XI IPA 1 di SMA Wahid Hasyim Model Lamongan. Penelitian ini menggunakan teknik sampling Nonprobability sampling menggunakan Sampling Purposive. Data diperoleh dari tes dan nontes berupa angket. Analisis data yang digunakan ada tiga macam, yaitu uji instrumen, uji prasyarat, dan uji hipotesis yang dilakukan menggunakan bantuan SPSS versi 25.00. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Model pembelajaran Peer Tutoring (Tutor Sebaya) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada materi Sistem Pernapasan Manusia kelas XI SMA Wahid Hasyim Model Lamongan. 2) Model pembelajaran Peer Tutoring (Tutor Sebaya) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi Sistem Pernapasan Manusia kelas XI SMA Wahid Hasyim Model Lamongan. Dan 3) Model pembelajaran Peer Tutoring (Tutor Sebaya) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi Sistem Pernapasan Manusia kelas XI SMA Wahid Hasyim Model Lamongan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208183181 MOHAMMAD FATKHUR REZA
Date Deposited: 03 Oct 2025 01:30
Last Modified: 03 Oct 2025 01:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62724

Actions (login required)

View Item View Item