NURUL NISA'UN NABILA, 126204211058 and MISWANTO, 198508272011011006 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) BERBANTUAN CANVA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FUNGSI KUADRAT KELAS X SMAN 1 GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (874kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (344kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (291kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (344kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (653kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (967kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (253kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Pembelajaran Cooperative Problem Solving (CPS) Berbantuan Canva Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fungsi Kuadrat Kelas X SMAN 1 Gondang” ini ditulis oleh Nurul Nisa’un Nabila, NIM.126204211058, Dosen Pembimbing Dr. Miswanto, M.Pd. Kata Kunci : Cooperative Problem Solving (CPS), Canva, Motivasi, Hasil Belajar Penurunan hasil belajar siswa tidak terlepas dari rendahnya motivasi mereka dalam mengikuti proses pembelajaran. Banyak siswa menganggap bahwa pembelajaran matematika sulit sebelum mencoba. Hal ini menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Hal tersebut terjadi pada sekolah SMAN 1 Gondang Tulungagung. Banyak siswa yang menganggap matematika itu sulit. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode pembelajaran Cooperative Problem Solving (CPS) berbantuan Canva yang mendorong siswa untuk berkolaborasi dalam menyelesaikan masalah, sedangkan Canva membuat penyajian materi lebih menarik. Melalui pendekatan ini, diharapkan interaksi antara siswa meningkat. Penelitian ini focus pada pengaruh penggunaan metode CPS terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa, dengan harapan memberikan solusi efektif untuk permasalahan yang ada di SMAN 1 Gondang Tulungagung. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Cooperative Problem Solving (CPS) Berbantuan Canva Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Fungsi Kuadrat Kelas X SMAN 1 Gondang. (2) Untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Cooperative Problem Solving (CPS) Berbantuan Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fungsi Kuadrat Kelas X SMAN 1 Gondang. (3) Untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Cooperative Problem Solving (CPS) Berbantuan Canva Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fungsi Kuadrat Kelas X SMAN 1 Gondang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu dan desain penelitiannya menggunakan Quasi Experimental Design berupa Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Gondang yang terdiri dari 11 kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-8 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, teknik tes dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada Pengaruh Metode Pembelajaran Cooperative Problem Solving (CPS) Berbantuan Canva Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Fungsi Kuadrat Kelas X SMAN 1 Gondang. (2) Ada Pengaruh Metode Pembelajaran Cooperative Problem Solving (CPS) Berbantuan Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fungsi Kuadrat Kelas X SMAN 1 Gondang. (3) Ada Pengaruh Metode Pembelajaran Cooperative Problem Solving (CPS) Berbantuan Canva Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fungsi Kuadrat Kelas X SMAN 1 Gondang.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Matematika |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
| Depositing User: | 126204211058 NURUL NISA'UN NABILA |
| Date Deposited: | 03 Oct 2025 03:12 |
| Last Modified: | 03 Oct 2025 03:12 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62737 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
