PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 BLITAR

NOVITA FITRIANI RAMADANTI, 126204211056 and FARID IMROATUS SHOLIHAH, 1989060920131078 (2025) PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (828kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (800kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB I (PENDAHULUAN).pdf

Download (532kB)
[img] Text
BAB II (LANDASAN TEORI).pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB)
[img] Text
BAB III (METODE PENELITIAN).pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB)
[img] Text
BAB IV (HASIL PENELITIAN).pdf
Restricted to Registered users only

Download (758kB)
[img] Text
BAB V (PEMBAHASAN).pdf
Restricted to Registered users only

Download (829kB)
[img] Text
BAB VI (PENUTUP).pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (367kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Trigonometri Kelas X MAN 2 Blitar”, ini ditulis oleh Novita Fitriani Ramadanti, NIM 126204211056, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Tadris Matematika, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Ibu Farid Imroatus Sholihah, S.Si., M.Pd. Kata kunci: Video Pembelajaran, Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Trigonometri Rendahnya hasil belajar dan motivasi belajar siswa khususnya pada materi trigonometri yang dapat menghambat standar proses yang termuat dalam pembelajaran matematika. Pembelajaran yang efektif mampu melibatkan seluruh peserta didik secara aktif. Dalam proses belajar mengajar dikatakan berhasil apabila peserta didik mampu memahami dan menguasai mata pelajaran yang diajarkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Untuk mengetahui pengaruh video pembelajaran dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi trigonometri kelas X di MAN 2 Blitar. (2) Untuk mengetahui pengaruh video pembelajaran dapat berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada materi trigonometri kelas X di MAN 2 Blitar. (3) Untuk mengetahui pengaruh video pembelajaran dapat berpengaruh terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada materi trigonometri kelas X di MAN 2 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan design Post-test Only Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X MAN 2 Blitar. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X J sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 36 siswa dan kelas X K sebagai kelas control dengan jumlah 35 siswa. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 380 siswa dengan seluruh kelas berjumlah 11 kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes tulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Mann-Whitney, dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada pengaruh video pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas X MAN 2 Blitar pada materi trigonometri. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji Mann-Whitney diperoleh nilai sig. (2-tailed)/2 = 0,042/2 = 0,021 <

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Geometri
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204211056 NOVITA FITRIANI RAMADANTI
Date Deposited: 03 Oct 2025 04:34
Last Modified: 03 Oct 2025 04:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62741

Actions (login required)

View Item View Item