EVA AZIFAH, 126204211023 and MARYONO, 198103302005011007 (2025) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X MA MA’ARIF UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (989kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (869kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (5MB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (554kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (18MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Open Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Materi Trigonometri Kelas X Ma Ma’arif Udanawu Blitar” ini ditulis oleh Eva Azifah, NIM. 126204211023, dengan pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Modul Pembelajaran, Open Ended, Berpikir Kreatif, Trigonometri, Pengembangan 4D. Kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam pembelajaran matematika masih tergolong rendah, terutama pada materi trigonometri. Hal ini disebabkan oleh pendekatan pembelajaran yang masih konvensional dan kurang memberikan ruang bagi siswa untuk mengeksplorasi ide secara terbuka. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran matematika berbasis open ended yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model 4D (Define,Design, Develop, Disseminate). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X MA Ma’arif Udanawu Blitar. Teknik pengumpulan data meliputi angket respon guru dan peserta didik terhadap modul, pre-test dan post-test, serta wawancara. Teknik analisis data menggunakan skala Likert 1–5 untuk menilai kevalidan dan kepraktisan, serta perhitungan nilai N-Gain untuk menilai keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen validasi modul, pre-test dan post-test, angket respon guru dan peserta didik, serta pedoman wawancara berada pada kategori sangat valid. Modul dinilai praktis berdasarkan tanggapan guru dan peserta didik melalui angket. Sementara itu, hasil pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dengan rata rata nilai N-Gain sebesar 0,45 yang termasuk dalam kategori sedang, sehingga modul dinyatakan efektif.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Matematika > Geometri |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
| Depositing User: | 126204211023 EVA AZIFAH |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 08:19 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 08:19 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62745 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
