ILMA NAFISATUL ALAWIYAH, 126201211030 and ABDULLAH CHAKIM, 197301071998031003 (2025) PROBLEMATIKA GURU PAI DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MAN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (978kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (276kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (160kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (282kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (394kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (176kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (730kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Problematika Guru PAI dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN 3 Tulungagung” yang ditulis oleh Ilma Nafisatul Alawiyah, NIM. 126201211030, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh H. Abdullah Chakim, S.Ag, M.Pd. Kata Kunci : Problematika Guru, Pendidikan Agama Islam, Kurikulum Merdeka, Al-Qur’an Hadits Penelitian ini dilatarbelakangi oleh implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di MAN 3 Tulungagung yang diterapkan sejak tahun 2022 dan dilaksanakan secara bertahap. Fenomena implementasi kurikulum merdeka tersebut membawa tantangan baru dan menimbulkan berbagai problematika bagi guru PAI, khususnya guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Diharapkan, hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi implementasi kurikulum yang lebih efektif dan relevan, serta memberikan solusi terhadap tantangan yang dihadapi guru dalam mewujudkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan masalah yang dihadapi guru PAI dalam menerapkan kurikulum merdeka dan upaya guru PAI dalam mengatasi permasalahan penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN 3 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, metode deskriptif, dan jenis penelitian studi kasus, lokasi penelitian MAN 3 Tulungagung. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Masalah yang dihadapi guru PAI dalam menerapkan kurikulum merdeka pada mata pelajaran Al-qur’an hadits di MAN 3 Tulungagung yaitu kesulitan adaptasi metode dan model pembelajaran baru, keterbatasan sarana dan prasarana, dampak penggunaan HP pada proses pembelajaran, ketidaksesuaian RPP/modul ajar di kelas, serta kurangnya kolaborasi dan kesenjangan hasil belajar siswa, 2) Upaya guru PAI dalam mengatasi permasalahan penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN 3 Tulungagung, yaitu pengembangan profesional guru, mengoptimalkan sumber daya yang ada, manajemen kelas di tengah distraksi penggunaan HP, penyesuaian RPP/modul ajar dengan kondisi lapangan, inovasi pembelajaran dan pemanfaatan teknologi, serta manajemen kelas yang efektif dengan komunikasi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kurikulum Pendidikan Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 126201211030 ILMA NAFISATUL ALAWIYAH |
Date Deposited: | 03 Oct 2025 09:21 |
Last Modified: | 03 Oct 2025 09:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62756 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |