INTERNALISASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL’ALAMIN (P5PPRA) DALAM MEWUJUDKAN KARAKTER RELIGIUS DI MTsN 10 JOMBANG

RAHMA ISABEL ZULIA ADJI, 126201213285 and EVY RAMADINA, 199303052020122017 (2025) INTERNALISASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL’ALAMIN (P5PPRA) DALAM MEWUJUDKAN KARAKTER RELIGIUS DI MTsN 10 JOMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (814kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (524kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (417kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan karakter untuk ditanamkan dalam diri setiap peserta didik. Berbagai macam kasus yang berkaitan dengan menurunnya karakter seseorang sering sekali muncul di tengah masyarakat sehingga timbulnya perbuatan yang bersifat merusak dan merugikan banyak pihak. Dengan mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dan ajaran Islam yang rahmatan Lil ‘Alamin, diharapkan pelajar akan menjadi generasi yang memiliki karakter yang kuat, keimanan yang kokoh, serta wawasan kebangsaan yang luas dan inklusif. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui internalisasi projek penguatan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin yaitu nilai ta’addub, nilai qudwah dan nilai syura dalam mewujudkan karakter religius di MTsN 10 Jombang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana internalisasi nilai ta’addub dalam mewujudkan karakter religius di MTsN 10 Jombang, (2) Bagaimana internalisasi nilai qudwah dalam mewujudkan karakter religius di MTsN 10 Jombang, (3) Bagaimana internalisasi nilai syura dalam mewujudkan karakter religius di MTsN 10 Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Peneliti hadir secara langsung ke lokasi penelitian untuk menjadi instrumen utama dalam pengumpulan data yang dibutuhkan. Teknik pengumpulan yang digunakan yaitu observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tahapan kondensasi data yaitu mentransformasikan data yang mendekati keseluruhan bagian dari catatan-catatan lapangan secara tertulis, transkip wawancara, dokumen-dokumen dan materi-materi empiris lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Penerapan internalisasi nilai ta’addub yaitu pada mata pelajaran Akidah Akhlak, guru menerapkan strategi pembelajaran ekspositori yang diintegrasikan dengan metode ceramah plus. (2) Dalam penerapan internalisasi nilai qudwah, guru Al-Qur’an Hadits menerapkan berbagai metode yaitu melalui metode ceramah, metode demonstrasi dan metode 3T+1M (tasmi’, tikror, tafahhum dan muraja’ah). (3) Dalam penerapan nilai syura, guru menerapkan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) yang diintegrasikan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201213285 RAHMA ISABEL ZULIA ADJI
Date Deposited: 03 Oct 2025 06:46
Last Modified: 03 Oct 2025 06:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62759

Actions (login required)

View Item View Item