AINA AFRIDA PUTRI NABILA, 126205211005 and IRMA FAUZIAH, 199312302020122019 (2025) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN DALAM MEMBENTUK NILAI-NILAI QUR’ANI PESERTA DIDIK DI MI MANBA’UL ‘ULUM BUNTARAN REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
cover.pdf Download (481kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (230kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (160kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (310kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (510kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (182kB) |
![]() |
Text
Lampiran .pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Dalam Membentuk Nilai-Nilai Qur’ani Peserta Didik Di Mi Manba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung” ditulis oleh Aina Afrida Putri Nabila NIM. 126205211005 Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Irma Fauziah, M.Pd. Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran Tahfidzul Qur’an, Nilai-Nilai Qur’ani, Karakter Islami, Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini didasarkan pada urgensi menanamkan nilai-nilai Qur’ani kepada peserta didik di tingkat Madrasah Ibtidaiyah sebagai langkah awal dalam membentuk karakter Islami sejak dini. Madrasah Ibtidaiyah sebagai jenjang pendidikan dasar memegang peran penting dalam membentuk kepribadian anak, terutama pada masa golden age (usia 6–12 tahun), di mana perkembangan aspek kognitif, afektif, dan spiritual berlangsung secara cepat dan optimal. Penanaman nilai-nilai Qur’ani menjadi landasan dalam membangun akhlak mulia serta pembentukan identitas religius yang kuat pada peserta didik. Nilai-nilai ini penting sebagai bekal moral di tengah tantangan zaman dan arus globalisasi yang dapat memengaruhi perilaku generasi muda. MI Manbau’ul ‘Ulum adalah salah satu madrasah yang memiliki program Tahfidzul Qur’an yang bertujuan tidak hanya untuk menghafal al qur’an akan tetapi juga membentuk nilai-nilai qur’ani peserta didik sejak dini. Tujuan Penelitian ini di antaranya Menjelaskan (1) Pengelolaan pembelajaran Tahfidzul Qur’an dalam proses membentuk nilai-nilai Qur’ani peserta didik. (2) Mengidentifikasi nilai-nilai Qur’ani yang diintegrasikan dalam proses pembelajaran Tahfidzul Qur’an. (3) Menjelaskan faktor pendukung dan penghambat dalam proses implementasi pembelajaran Tahfidzul Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, Observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. pengecekan keabsahan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi. Hasil penelitian ini meliputi menunjukkan bahwa 1) Pengelolaan pembelajaran Tahfidzul Qur’an di MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran dilakukan secara sistematis dan berkelanjutan melalui kegiatan seperti muroja’ah, sima’i, talaqqi, serta pembiasaan ibadah dan adab sehari-hari. 2) Nilai-nilai Qur’ani yang berhasil diintegrasikan meliputi sopan santun, kejujuran, tanggung jawab, dan disiplin. 3) Faktor pendukung utama adalah dukungan penuh dari pihak madrasah dan guru tahfidz, dan fasilitas. sementara faktor penghambatnya meliputi perbedaan kemampuan dan latar belakang peserta didik, semangat anak yang naik turun, serta kurangnya kesadaran anak dalam berperilaku dan berucap.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205211005 AINA AFRIDA PUTRI NABILA |
Date Deposited: | 03 Oct 2025 06:53 |
Last Modified: | 03 Oct 2025 06:53 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62761 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |