JESISKA ANGGI HANDRIAMI, 126304212088 and FIONNA CHRISTABELLA, 198311142023212025 (2025) PEMUGARAN CITRA SEBAGAI BENTUK MANAJEMEN IMPRESI PEREMPUAN YANG MENJALANI PERAN SEBAGAI KEPALA KELUARGA. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (4MB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (348kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (330kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (297kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (418kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (238kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pemugaran Citra Sebagai Bentuk Manajemen Impresi Perempuan yang Menjalani Peran Sebagai Kepala Keluarga” ini ditulis oleh Jesiska Anggi Handriami, NIM. 126304212088, dengan pembimbing Fionna Christabella, S.Sn. M.A. Kata Kunci : Perempuan Kepala Keluarga, Manajemen Impresi, Image Repair, Citra Positif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi manajemen impresi dan strategi pemulihan citra (image repair) yang dilakukan oleh perempuan kepala keluarga dalam membangun citra positif di masyarakat. Perempuan kepala keluarga sering kali menghadapi stigma sosial yang menganggap mereka kurang mampu dibandingkan laki-laki. Oleh karena itu, penting bagi mereka untuk mengembangkan citra diri yang kuat dan positif agar dapat memperoleh dukungan sosial yang diperlukan dalam menjalankan peran mereka sebagai pencari nafkah dan pengelola rumah tangga. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, teknik wawancara mendalam dilakukan untuk memahami cara mereka mengelola persepsi orang lain. Penelitian ini juga akan mengeksplorasi faktorfaktor yang mempengaruhi citra positif mereka, seperti komunikasi interpersonal dan adaptasi terhadap norma sosial yang berlaku. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perempuan kepala keluarga secara sadar menerapkan strategi manajemen impresi dengan berusaha menampilkan diri sebagai sosok yang tangguh, professional, kuat, dan bertanggung jawab. Mereka menjaga penampilan, mengatur emosi, membatasi informasi pribadi, menyesuaikan gaya komunikasi, dan aktif dalam kegiatan sosial untuk memperoleh pengakuan serta penerimaan Masyarakat. Disamping itu, mereka juga menggunakan strategi pemulihan citra meliputi denial, evasion of responsibility, reducing offensiveness, corrective action, dan mortification untuk mengatasi persepsi negatif dan membentuk citra diri yang positif di lingkungan sosial. Strategi ini memungkinkan mereka menghadapi tekanan sosial tanpa kehilangan identitas diri. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi pada pengembangan kebijakan yang lebih inklusif dan mendukung perempuan dalam peran mereka sebagai kepala keluarga.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Komunikasi Islam Manajemen Dakwah Ilmu Komunikasi |
| Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam |
| Depositing User: | 126304212088 JESISKA ANGGI HANDRIAMI |
| Date Deposited: | 06 Oct 2025 03:16 |
| Last Modified: | 06 Oct 2025 03:16 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62808 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
