PENGARUH EMOSIONAL SISWA TERHADAP PEMAHAMAN MATERI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP AL KAMAL

AFIFI NURJANAH, 126201212199 and SUWARNO, 197507172014031001 (2025) PENGARUH EMOSIONAL SISWA TERHADAP PEMAHAMAN MATERI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP AL KAMAL. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (658kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (265kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (887kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Pengaruh Emosional Siswa Terhadap Pemahaman Materi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Al Kamal” ini ditulis oleh Afifi Nurjanah NIM 126201212199, Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan pembimbing Dr. H. Suwarno, M.Pd.I. Kata Kunci: Emosional Siswa; Pemahaman Materi; Pendidikan Agama Islam; SMP Al Kamal. Dalam proses belajar, seseorang dikatakan berhasil apabila memiliki pemahaman terhadap suatu materi dengan baik, itu semua dikarenakan beberapa faktor. Salah satu faktor yang mempengaruhi pemahaman materi adalah kecerdasan emosional yang terdapat dalam diri siswa. Kecerdasan emosional adalah kemampuan memotivasi diri sendiri, mengatasi frustasi, mengontrol tindakan, berempati serta kemampuan bekerja sama dengan sekitarnya. Tindakan yang positif apabila dalam hal belajar bisa mempengaruhi pemahaman materi suatu pelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh emosional siswa terhadap pemahaman materi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Al Kamal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 60 responden siswa SMP Al Kamal. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik probability sampling jenis stratified random sampling, dengan instrument angket yang telah melalui uji validitas mengunakan Pearson Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha. Instrumen angket berisi pernyataan mengenai emosional siswa berdasarkan teori dari Goleman dan pemahaman materi PAI dengan skala likert 5 kategori. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh emosional siswa terhadap pemahaman materi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Al Kamal dengan kontribusi sedang atau dengan persentase sebesar 46,4%, sisanya dari variabel lain yang tidak diteliti. Hasil perhitungan hipotesis secara regresi linier sederhana pengaruh emosional siswa terhadap pemahaman materi mata pelajaran PAI diperoleh koefisien regresi sebesar 0,455. Pada taraf signifikansi 5%, dapat diketahui nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dari keterangan tersebut diperoleh persamaan regresi linier sederhana

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201212199 AFIFI NURJANAH
Date Deposited: 27 Nov 2025 01:17
Last Modified: 27 Nov 2025 01:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62812

Actions (login required)

View Item View Item