STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT DI MTsN 8 TULUNGAGUNG

AFTA IFTITA AULIAWATI, 126207211001 and HARIS SYAMSUDDIN, 1988050620161071 (2025) STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT DI MTsN 8 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Minat masyarakat di MTsN 8 Tulungagung” ini ditulis oleh Afta Iftita Auliawati, NIM 126207211001, dengan pembimbing Dr. Haris Syamsuddin, S.S., M.Pd.I Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Jasa Pendidikan, Minat masyarakat Strategi pemasaran jasa pendidikan merupakan salah satu unsur penting dalam lembaga pendidikan. Kurangnya strategi pemasaran yang baik dalam lembaga pendidikan dapat berakibat pada sulitnya lembaga pendidikan tersebut untuk dikenal dan diminati oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran jasa pendidikan dalam menghadapi persaingan Minat masyarakat di MTsN 8 Tulungagung. Persaingan dalam dunia pendidikan yang semakin ketat menuntut setiap lembaga pendidikan untuk menerapkan strategi yang tepat guna menarik dan mempertahankan Minat masyarakat. Fokus penelitian ini mencakup 1) Bagaimana segmentasi pasar jasa pendidikan yang dilakukan oleh MTsN 8 Tulungagung dalam meningkatkan Minat masyarakat? 2) Bagaimana strategi penentuan pasar sasaran/ target jasa pendidikan yang dilakukan oleh MTsN 8 Tulungagung dalam meningkatkan Minat masyarakat, 3) Bagaimana strategi penentuan posisi pasar jasa pendidikan yang dilakukan oleh MTsN 8 Tulungagung. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Menerapkan segmentasi demografis, MTsN 8 Tulungagung menetapkan target peserta didik dari lulusan SD/MI, baik negeri maupun swasta, tanpa membatasi kategori tertentu. Sekolah ini juga membuka peluang bagi anak dengan disabilitas untuk mendaftar. Menerapkan segmentasi geografs, MTsN 8 Tulungagung menargetkan peserta didik dari wilayah Tulungagung dan sekitarnya, namun tetap menerima peserta didik dari luar daerah tanpa menerapkan sistem zonasi. Dan yang terakhir segmentasi maanfaat, dimana MTsN 8 Tulungagung menggunakan segmentasi manfaat seperti mempunyai kelas tahfidz, olimpiade, olahraga 2) Target MTsN 8 Tulungagung yaitu di SD/MI, Anak-anak disabilitas, daerah pucanglaban sekitarnya, dan daerah blitar bagian bakung. Mencapai 5 rombel setiap tahunnya. 3) MTsN 8 Tulungagung menerapkan strategi positioning dengan menekankan keunggulan akademik serta penguatan nilai-nilai keislaman, sehingga mampu membangun citra sebagai madrasah unggulan yang tidak hanya fokus pada prestasi akademik, akan tetapi juga pada pembentukan karakter religius siswa. MTsN 8 Tulungagung menetapkan strategi positioning dengan menyesuaikan diri terhadap kebutuhan masyarakat serta memanfaatkan keunggulan yang dimilikinya seperti kelas tahfidz, kelas olimpiade, dan kelas olahraga. MTsN 8 Tulungagung dalam menetapkan strategi posisi Salah satu upaya yang dilakukan adalah pemasaran digital dan pemanfaatan media sosial.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Pendidikan > Manajemen Pembelajaran
Masyarakat Islam
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 126207211001 AFTA IFTITA AULIAWATI
Date Deposited: 07 Oct 2025 02:55
Last Modified: 07 Oct 2025 02:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62830

Actions (login required)

View Item View Item