PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS INTERAKSI SOSIAL DENGAN WEBSITE MEAN, MEDIAN, MODE CALCULATOR PADA MATERI STATISTIKA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 3 KALIDAWIR TULUNGAGUNG

NGINDY A’YUNI, 126204211054 and DEWI ASMARANI, 197704122009122001 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS INTERAKSI SOSIAL DENGAN WEBSITE MEAN, MEDIAN, MODE CALCULATOR PADA MATERI STATISTIKA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 3 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (756kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (287kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (890kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Interaksi Sosial dengan Berbantuan Website Mean, Median, Mode Calculator pada Materi Statistika untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Kalidawir” ini ditulis oleh Ngindy A’yuni, NIM 126204211054, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, dengan pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Interaksi Sosial, Media Pembelajaran, Motivasi Belajar, Website Mean, Median Mode Calculator Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi dalam memahami konsep materi pembelajaran dikarenakan kurang menariknya media pembelajaran. Pembelajaran yang berpusat pada media cetak menjadikan peserta didik cepat merasa bosan dan kelas menjadi tidak kondusif. Pendidik juga masih menggunakan metode ceramah atau konvensional yang menjadikan pembelajaran hanya satu arah dari pendidik saja. Selain itu, faktor yang menghambat pemahaman peserta didik, salah satunya ialah kurangnya interaksi sosial antar peserta didik. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan media pembelajaran berbasis interaksi sosial yang ditunjang oleh website Mean, Median, Mode Calculator. Website Mean, Median, Mode Calculator merupakan merupakan website yang sangat berguna untuk membantu peserta didik dalam memahami perhitungan statistika dasar dengan proses hitung yang lebih cepat dan praktis. Sehingga perhitungan dalam persoalan statistika lebih efisien dan menarik antusias peserta didik Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) untuk mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan media pembelajaran berbasis interaksi sosial pada materi statistika dengan berbantuan website Mean, Median, Mode Calculator untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Kalidawir. (2) untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari pengembangan media pembelajaran berbasis interaksi sosial pada materi statistika dengan menggunakan website Mean, Median, Mode Calculator yang valid untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Kalidawir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang memiliki lima tahap yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian adalah 6 peserta didik dari kelas VIII A sebagai uji kelompok kecil dan 20 peserta didik dari kelas VIII C sebagai uji kelompok besar. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa (1) langkah pengembangan media pembelajaran pengembangan media pembelajaran berbasis interaksi sosial pada materi statistika dengan berbantuan website Mean, Median, Mode Calculator ini di awali dengan tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. (2) media pembelajaran dinyatakan valid oleh dosen validator dengan rata-rata skor 89,8%. Dinyatakan praktis, ditinjau dari hasil observasi dengan perolehan skor 100% serta angket respon pendidik dengan rata-rata skor 96,4%. Dinyatakan efektif dalam meningkakan motivasi peserta didik dengan peningkatan rata-rata skor 11,3% pada uji skala kecil dan peningkatan rata-rata skor 8,9% pada uji skala besar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204211054 NGINDY A'YUNI
Date Deposited: 08 Oct 2025 03:48
Last Modified: 08 Oct 2025 03:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62842

Actions (login required)

View Item View Item