RIKA RIHADATUL AIS, 281413315 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 1 GONDANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (435kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (515kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (747kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (653kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (766kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (274kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (214kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (122kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 1 Gondang Tulungagung Tahun Pelajaran 2016/2017” ditulis oleh Rika Rihadatul Ais, NIM. 2814133156, pembimbing: Musrikah, S. Pd. I, M. Pd.. Kata Kunci: Treffinger, motivasi, hasil belajar, Himpunan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh manusia sebagai makhluk ciptaan Allah SWT yang dikaruniai akal pikiran, maka manusia harus senantiasa terus belajar. Orang yang belajar akan memiliki ilmu pengetahuan yang berguna untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi oleh manusia dalam kehidupan. Dalam hal ini, pendidikan mempunyai peran penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia sehingga dapat mengembangkan potensi yang dimiliki. Salah satu disiplin ilmu dalam sitem pendidikan adalah matematika. Namun tidak semua siswa menyukai matematika. Akibatnya motivasi dan hasil belajar matematika siswa menjadi rendah. Oleh karena itu, penggunaan model pembelajaran Treffinger dianggap dapat membantu siswa dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa pada materi himpunan. Adapun yang menjadi tujuan dalam penulisan skripsi ini adalah: untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Gondang tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitain eksperimen. Populasi penelitian ini dalah kelas VII SMPN 1 Gondang, sementara sampel penelitian ini kelas VII-G sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-D sebagai kelas kontrol. Dimana sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik Cluster Rondom Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan data metode dokumentasi, metode angket dan metode tes. Analisis data dengan menggunakan uji t-test dan MANOVA. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Ada pengaruh pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap motivasi belajar matematika siswa pada kelas VII SMPN 1 Gondang Tahun Pelajaaran 2016/2017. Hal ini dilihat dari perhitungan uji t-test diperoleh t_hitung=8,890>t_tabel=1,665 dan Sig.(2-tailed)=0,000<0,05, sehingga dapat ditarik kesimpulan tolak H_0 dan terima H_1. 2) Ada pengaruh pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap hasil belajar matematika siswa pada kelasa VII SMPN 1 Gondang Tahun Pelajaaran 2016/2017. Hal ini bisa dilihat dari perhitungan uji t-test diperoleh t_hitung=6,902>t_tabel=1,665 dan Sig.(2-tailed)=0,000<0,05, sehingga dapat ditarik kesimpulan tolak H_0 dan terima H_1. 3) Ada pengaruh pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa pada kelasa VII SMPN 1 Gondang Tahun Pelajaaran 2016/2017. Hal tersebut dapat dilihat dari perhitungan uji MANOVA untuk diperoleh F_hitung=52,645>F_tabel=3,98 dan Sig.(2-tailed)=0,000<0,05, sehingga dapat ditarik kesimpulan tolak H_0 dan terima H_1.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | S.Pd 2814133156 Rika Rihadatul Ais |
Date Deposited: | 16 Oct 2017 04:25 |
Last Modified: | 16 Oct 2017 04:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6291 |
Actions (login required)
View Item |