SHOFI MAULIDA, 126205211070 and DIANA LUTFIANA ULFA, 199201282020122015 (2025) PERSEPSI GURU KELAS DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI MIN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (743kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK .pdf Download (216kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI .pdf Download (158kB) |
![]() |
Text
BAB I .pdf Download (265kB) |
![]() |
Text
BAB II .pdf Restricted to Registered users only Download (498kB) |
![]() |
Text
BAB III .pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) |
![]() |
Text
BAB IV .pdf Restricted to Registered users only Download (693kB) |
![]() |
Text
BAB V .pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) |
![]() |
Text
BAB VI .pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (210kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Persepsi Guru Kelas Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di MIN 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Shofi Maulida, NIM. 126205211070, dengan pembimbing Diana Lutfiana Ulfa, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Persepsi Guru, Kurikulum Merdeka, Implementasi, Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, khususnya di jenjang Madrasah Ibtidaiyah. Kurikulum Merdeka hadir sebagai bentuk pembaruan sistem pendidikan yang berpusat pada peserta didik, dimana kebutuhan, minat, dan gaya belajar peserta didik menjadi fokus utama dalam proses pembelajaran. Namun,keberhasilan implementasi kurikulum ini sangat bergantung pada pemahaman dan persepsi guru terhadap konsep Kurikulum Merdeka itu sendiri, sehingga memunculkan beragam tanggapan dari guru kelas terkait implementasinya. Tujuan penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangsih pengetahuan tentang (1) Persepsi guru kelas dalam tahap seleksi implementasi Kurikulum Merdeka di MIN 3 Tulungagung (2) Persepsi guru kelas dalam tahap organisasi implementasi Kurikulum Merdeka di MIN 3 Tulungagung (3) Persepsi guru kelas dalam tahap interpretasi implementasi Kurikulum Merdeka di MIN 3 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, yang bertujuan untuk menggambarkan suatu fenomena secara rinci dengan mengumpulkan data dalam bentuk narasi dan penjabaran yang menyeluruh terhadap subjek penelitian untuk memahami bagaimana persepsi guru terhadap implementasi Kurikulum Merdeka, termasuk dalam tahap seleksi, tahap organisasi, dan tahap interpretasi. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara dengan keenam guru kelas, dan dokumentasi. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan teknik model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persepsi guru kelas dalam tahap seleksi implementasi Kurikulum Merdeka di MIN 3 Tulungagung memiliki persepsi positif terhadap Kurikulum Merdeka. Mereka siap menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan peserta didik, menggunakan berbagai metode pembelajaran. Guru kelas berusaha memahami elemen-elemen baru dalam kurikulum dan menghubungkan materi dengan kehidupan sehari-hari peserta didik. (2) Persepsi guru kelas dalam tahap organisasi implementasi Kurikulum Merdeka di MIN 3 Tulungagung memiliki persepsi positif. Guru kelas aktif menyusun modul ajar secara terstruktur dan menganalisis CP, TP, dan ATP secara kolektif. Guru kelas menggunakan metode ajar yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan terbuka untuk berdiskusi guna menciptakan pembelajaran yang inovatif. (3) Persepsi guru kelas dalam tahap interpretasi implementasi Kurikulum Merdeka di MIN 3 Tulungagung memiliki persepsi positif. Mereka terbuka terhadap evaluasi memahami pentingnya asesmen untuk meningkatkan pembelajaran, dan berkomitmen menindaklanjuti hasil asesmen.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205211070 SHOFI MAULIDA |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 02:00 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 02:00 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62996 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |