PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MINAT SISWA BARU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA TAHFIDZ MODERN LUBABUL FATTAH

IKA NURUL KARIMAH PUTRI, 126207212088 and LABIB MUZAKI SOBIR, 198004162025211003 (2025) PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MINAT SISWA BARU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA TAHFIDZ MODERN LUBABUL FATTAH. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (321kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MINAT SISWA BARU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA TAHFIDZ MODERN LUBABUL FATTAH” ini ditulis oleh Ika Nurul Karimah Putri, Nim. 126207212088, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Labib Muzaki Shobir, S.Hum., M.Pd.I . Kata Kunci :Pemasaran, Bauran 7P, Sekolah Baru, Minat Siswa, Pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan .untuk mendeskripsikan praktik pemasaran pendidikan dalam meningkatkan minat siswa baru di SMP Tahfidz Modern Lubabul Fattah. Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh fenomena meningkatnya persaingan antar lembaga pendidikan, khususnya sekolah baru, dalam menarik siswa baru. SMP Tahfidz Modern Lubabul Fattah sebagai lembaga yang baru berdiri pada tahun 2022, mampu menunjukkan peningkatan signifikan dalam jumlah siswa baru, meski belum memiliki lulusan. Hal ini menunjukkan adanya pemasaran yang efektif dan layak dikaji. Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu: (1) Produk (product) yang ditawarkan oleh SMP Tahfidz Lubabul Fattah?; (2) Harga/biaya (price) di SMP Tahfidz Lubabul Fattah?; (3) Lokasi dan aksesibilitas (place) di SMP Tahfidz Lubabul Fattah?; (4) Promosi (promotion) di SMP Tahfidz Lubabul Fattah?; (5) Sumber daya manusia (people) di SMP Tahfidz Lubabul Fattah?; (6) Bentuk fisik (physical evidence) di SMP Tahfidz Lubabul Fattah?; dan (7) Proses pemasaran (process) di SMP Tahfidz Modern Lubabul Fattah?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menggambarkan pemasaran pendidikan di SMP Tahfidz Modern Lubabul Fattah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran yang diterapkan dengan pendekatan bauran pemasaran 7P berhasil meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap sekolah. Keunggulan produk berupa program tahfidz dan program tawadhu’, promosi aktif melalui media sosial, event-event dan komunitas lokal, harga yang cukup terjangkau, lokasi dan akses informasi yang mudah dijangkau, fasilitas yang mumpuni, menjadi daya tarik utama, proses pemasaran yang bisa menggerakkan seluruh keuntungan yang dimiliki. Data Dapodik menunjukkan peningkatan jumlah siswa baru dari 43 siswa pada tahun ajaran 2023/2024 menjadi 84 siswa pada tahun 2024/2025. Hal ini membuktikan bahwa bauran pemasaran yang dirancang secara terpadu dapat berdampak signifikan terhadap peningkatan minat siswa baru, terutama di lembaga pendidikan Islam yang baru berdiri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Pemasaran
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 126207212088 IKA NURUL KARIMAH PUTRI
Date Deposited: 04 Nov 2025 02:37
Last Modified: 04 Nov 2025 02:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63010

Available Versions of this Item

  • PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MINAT SISWA BARU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA TAHFIDZ MODERN LUBABUL FATTAH. (deposited 04 Nov 2025 02:37) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item