NUR AMALIA AINUN NINGTIAS, 126207213144 and BINTI MAUNAH, 196509031998032001 (2025) KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTs MA’ARIF NU GANDUSARI BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (686kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (355kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (337kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (303kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (662kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (255kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTs Ma’arif NU Gandusari Blitar” ini ditulis oleh Nur Amalia Ainun Ningtias, NIM 126207213144, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I, NIP. 196509031998032001 Kata kunci: Kepemimpinan Transformasional, Kepala Madrasah, Kinerja Guru, Pendidikan, Madrasah. Kinerja guru merupakan salah satu elemen penting dalam menentukan keberhasilan pendidikan di madrasah. Namun pada kenyataannya, tidak sedikit guru yang mengalami kejenuhan, minim inovasi dalam mengajar, dan kurangnya semangat dalam melaksanakan tugas. Kondisi tersebut tentu berdampak pada menurunnya kualitas pembelajaran dan interaksi di kelas. Maka dari itu, secara normatif, dibutuhkan kepemimpinan kepala madrasah yang tidak hanya bersifat administratif, tetapi juga mampu memberikan motivasi, pembinaan, dan dukungan kepada para guru. Kepemimpinan transformasional hadir sebagai solusi yang mendorong guru untuk berkembang secara profesional, meningkatkan kinerja, serta menciptakan lingkungan kerja yang inspiratif dan harmonis. Penelitian ini membahas tentang stategi kepemimpinan transformasional kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Ma’arif NU Gandusari Blitar Penelitian ini berfokus pada strategi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Ma’arif NU Gandusari Blitar. Fokus penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana peran kepala madrasah dalam memberikan motivasi kinerja guru di MTs Ma’arif NU Gandusari Blitar? 2) Bagaimana kepemimpinan kepala madrasah dalam memberikan pelatihan untuk meningkatkan kinerja guru di MTs Ma’arif NU Gandusari Blitar? 3) Bagaimana kepemimpinan kepala madrasah dalam menstimulus guru untuk melaksanakan tugas di MTs Ma’arif NU Gandusari Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara mendalam, observasi partisipan, serta dokumentasi terhadap aktivitas kepala madrasah dan guru dalam konteks pelaksanaan tugas di madrasah. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan teknik untuk memastikan validitas serta keterandalan hasil penelitian. Fokus utama terletak pada interpretasi mendalam terhadap praktik kepemimpinan kepala madrasah dalam konteks nyata di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala madrasah mampu menjalankan kepemimpinan transformasional secara efektif. Kepala madrasah memberikan motivasi yang membangun melalui rapat dinas, pendekatan personal, serta pemberian reward atau penghargaan kepada guru yang berprestasi. Selain itu, pelatihan dan pembinaan yang diadakan secara berkala turut berperan dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru. Kepala madrasah juga menciptakan iklim kerja yang kondusif, penuh semangat, dan mendorong kebersamaan di antara tenaga pendidik. Strategi-strategi tersebut secara nyata berdampak positif terhadap peningkatan stimulus bagi guru berupa semangat, kedisiplinan, dan profesionalisme guru dalam menjalankan tugas-tugas pendidikan di madrasah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 126207213144 NUR AMALIA AINUN NINGTIAS |
Date Deposited: | 09 Oct 2025 02:23 |
Last Modified: | 09 Oct 2025 02:23 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63022 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |