RAHMAHAYU PANGESTI, 126207213136 and ASROP SAFI'I, 196909182000031002 (2025) MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DALAM MENDUKUNG PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SMPN 1 SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (229kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (279kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (418kB) |
![]() |
Text
BAB III .pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (683kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Manajemen Perpustakaan Dalam Mendukung Program Gerakan Literasi Sekolah di SMPN 1 Sumbergempol” ini ditulis oleh Rahmahayu Pangesti, NIM 126207213136, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Prof. Dr. H. Asrop Safi’i, M.Ag. Kata Kunci: Perpustakaan, Program Gerakan Literasi Sekolah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minat baca masyarakat termasuk siswa- siswi di Indonesia masih rendah. Masyarakat di Indonesia lebih senang budaya lisan atau tutur. Masyarakat Indonesia belum menjadi society book reader. Untuk menumbuhkan budaya literasi maka lembaga pendidikan perlu membuat kebijakan yang dituangkan ke dalam program perpustakaan dengan berkolaborasi bersama guru dengan menyesuaikan minat yang dimiliki peserta didik melalui pembiasaan membaca. Sehingga dengan adanya manajemen perpustakaan di SMPN 1 Sumbergempol yang baik diharapkan dapat mendukung program literasi dalam meningkatkan minat baca secara efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan perpustakaan dalam mendukung program Gerakan literasi sekolah di SMPN 1 Sumbergempol, (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan perpustakaan dalam mendukung program Gerakan literasi sekolah di SMPN 1 Sumbergempol, (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi dari manajemen perpustakaan dalam mendukung program gerakan literasi sekolah di SMPN 1 Sumbergempol. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan kecermatan dalam penelitian, dan triangulasi (triangulasi sumber dan triangulasi teknik). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan dilakukan secara terstruktur dan kolaboratif antara kepala sekolah, guru Bahasa Indonesia, kepala perpustakaan, dan staf perpustakaan, mencakup penunjukan penanggung jawab, penyusunan jadwal, pengadaan bahan bacaan, serta perencanaan program literasi. (2) Pelaksanaan program berlangsung menyeluruh melalui sistem layanan terbuka yang mencakup layanan sirkulasi, kerja sama dalam pengadaan dan promosi literasi, serta pengolahan koleksi. Kegiatan literasi dilaksanakan dalam tiga tahap: pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran. (3) Evaluasi dilakukan rutin setiap akhir tahun melalui rapat bersama untuk menilai aspek koleksi, kunjungan, jurnal literasi, serta kondisi fasilitas. Buku yang tidak layak digunakan diseleksi untuk penggantian, dan guru Bahasa Indonesia bersama pustakawan secara berkala memeriksa jurnal literasi siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 126207213136 RAHMAHAYU PANGESTI |
Date Deposited: | 09 Oct 2025 04:08 |
Last Modified: | 09 Oct 2025 04:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63042 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |